Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Angka Kecelakaan Turun Drastis di Momen Mudik 2024

Kompas.com - 15/04/2024, 19:31 WIB
Daafa Alhaqqy Muhammad,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Jumlah kecelakaan lalu lintas (laka lantas) mengalami penurunan yang cukup signifikan di pekan Lebaran Idul Fitri, periode 8 - 12 April 2024.

Tren ini dinilai cukup baik, khususnya bila mempertimbangkan intensitas arus lalu lintas cukup tinggi pada pekan tersebut, berkenaan dengan momen mudik Lebaran.

Berdasarkan rekapitulasi integrated road safety management system alias IRSMS Korlantas Polri, jumlah laka pada periode ini adalah 1.089 kasus dengan fatalitas 179 korban meninggal di tempat (MD).

Angka ini turun lebih dari 40 persen jika dibandingkan periode dua pekan sebelumnya, tanggal 1 - 7 April 2024, yang mencatatkan 1.848 kasus dengan fatalitas 209 korban MD.

Baca juga: Vinales Menang dan Cetak Banyak Rekor pada MotoGP Amerika 2024

11 jenazah kecelakaan maut di tol japek di pindah k RS Polri Kramat JatiDokumentasi BidHumas Polda Jabar 11 jenazah kecelakaan maut di tol japek di pindah k RS Polri Kramat Jati

Sedangkan untuk periode tiga pekan sebelumnya pada tanggal 25 - 31 Maret 2024 alias jumlah kasus laka yang terjadi adalah 1.973 dengan fatalitas 183 korban MD.

Kembali mengulik data IRSMS, persebaran laka lantas di masing-masing wilayah juga mengalami penurunan dan tidak melebihi 200 kasus per-Provinsi, berbeda dengan pekan-pekan sebelumnya.

Jumlah laka tertinggi masih dipegang oleh Provinsi Jawa Timur, dengan sumbangan 181 kasus. Kemudian diikuti Provinsi Jawa Tengah dengan sumbangan 115 kasus.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com