Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER OTOMOTIF] Jadwal One Way, Contraflow, dan Gage Arus Balik | Hyundai Santa Fe Tertangkap Kamera | Bau Bensin di Kabin Mobil Saat Perjalanan

Kompas.com - 13/04/2024, 06:02 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Berita terkait jadwal one way, contraflow, dan ganjil genap saat arus balik Lebaran 2024 masih menjadi peringkat teratas. Banyak juga yang ingin tahu tentang Hyundai Santa Fe terbaru yang tertangkap kamera sedang tes jalan.

Tak ketinggalan, banyak juga yang penasaran dengan peringatan bau bensin di kabin mobil saat perjalanan. Untuk lebih lengkapnya, berikut ini deretan artikel otomotif terpopuler pada Jumat (12/4/2024):

1. Jadwal One Way, Contraflow, dan Gage saat Arus Balik Lebaran 2024

Sejumlah petugas gabungan Astra Tol Cipali dan Kepolisian melakukan uji coba sistem contraflow di Kilometer 153-157 Jumat (29/3/2024) siang. Uji coba kontraflow dilakukan untuk mematangkan kesiapan arus mudik 2024.Tangkap Layar Drone Astra Tol Cipali Sejumlah petugas gabungan Astra Tol Cipali dan Kepolisian melakukan uji coba sistem contraflow di Kilometer 153-157 Jumat (29/3/2024) siang. Uji coba kontraflow dilakukan untuk mematangkan kesiapan arus mudik 2024.

Kementerian Perhubungan RI memprediksi puncak arus balik Lebaran 2024 akan terjadi pada 13-15 April 2024 dengan volume tertinggi di akhir pekan. Pasalnya, pada Senin (15/4/2024) akan menjadi hari terakhir cuti bersama. Sehingga bakal banyak pemudik yang memanfaatkan waktu liburannya hingga batas akhir dan pulang di Minggu (14/4/2024).

"Arus balik itu terjadi pada Minggu dan Senin. Karena Senin itu terakhir libur. Kita melihat bahwa waktunya ini sangat pendek dibandingkan (arus) mudik," kata Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Kamis (11/4/2024).

Baca juga: Jadwal One Way, Contraflow, dan Gage saat Arus Balik Lebaran 2024

2. Video Daihatsu Luxio Gagal Menanjak di Tikungan Curug Sibedug

Video Daihatsu Luxio tidak kuat nanjak di Tikungan Curug Sibedug, Petungkriyono, Kabupaten Pekalongan.Tangkapan layar Video Daihatsu Luxio tidak kuat nanjak di Tikungan Curug Sibedug, Petungkriyono, Kabupaten Pekalongan.

Kasus mobil gagal nanjak seringkali terjadi, hal ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Maka dari itu, pengemudi perlu menguasai teknik yang diperlukan saat melibas tanjakan.

Seperti unggahan video Instagram @pekalonganinfo, Kamis (11/4/2024), di mana terlihat sebuah mobil Daihatsu Luxio yang tidak kuat menanjak di tikungan.

Baca juga: Video Daihatsu Luxio Gagal Menanjak di Tikungan Curug Sibedug

3. Hyundai Santa Fe Tertangkap Kamera Sedang Tes Jalan

Mobil baru Hyundai berbalut kamuflasedok pribadi Reyner Mobil baru Hyundai berbalut kamuflase

Mobil baru Hyundai yang diduga generasi kelima Santa Fe tertangkap kamera sedang di tes jalan. Foto tersebut diunggah oleh salah satu warganet bernama Reyner melalui akun Instagram pribadinya, Kamis (12/4/2024).

Dalam gambar tersebut, tampak mobil yang diduga Hyundai Santa Fe sedang tes jalan di ruas tol Kelapa Gading pada Senin (8/4/2024), dengan berbalut kamuflase.

Baca juga: Hyundai Santa Fe Tertangkap Kamera Sedang Tes Jalan

4. Update Arus Balik, One Way di Gerbang Tol Kalikangkung-Cipali Ditunda

Penerapan one way di Tol Cipali hingga SemarangKOMPAS.com/Adityo Wisnu Penerapan one way di Tol Cipali hingga Semarang

Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri menunda pemberlakuan skema lalu lintas one way (satu arah) di Gerbang Tol Kalikangkung-Cipali, Jumat (12/4/2024).

Penundaan one way di tengah arus balik lantaran volume kendaraan dari arah Semarang-Batang yang menuju arah Jakarta masih di bawah parameter pemberlakuan rekayasa lalu lintas. Hal ini diumumkan melalui akun Instagram resmi @korlantaspolri.ntmc, Jumat (12/4/2024).

Baca juga: Update Arus Balik, One Way di Gerbang Tol Kalikangkung-Cipali Ditunda

5. Jangan Abaikan Bau Bensin di Kabin Mobil Saat Perjalanan

Penampakan angkot yang terbakar di kawasan Lebak Bulus, Jakarta Selatan, Sabtu (30/3/2024).Dokumentasi Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmst) Jakarta Selatan Penampakan angkot yang terbakar di kawasan Lebak Bulus, Jakarta Selatan, Sabtu (30/3/2024).

Penumpang mobil di kabin seharusnya tidak mencium bau bensin karena area tersebut memiliki ruangan tertutup. Selain itu, sudah sepatutnya bensin tidak menguap ke ruang terbuka selain dimanfaatkan oleh sistem. Uap bensin pada tangki bensin seharusnya dialirkan ke dalam ruang bakar agar ikut terbakar saat mesin bekerja.

Sehingga tidak ada uap bensin yang terbuang sia-sia sebelum dimanfaatkan menjadi energi. Bila uap bensin sampai tercium artinya ada sistem bahan bakar pada mobil yang salah. Dengan kata lain fenomena tersebut tidak boleh diabaikan begitu saja.

Baca juga: Jangan Abaikan Bau Bensin di Kabin Mobil Saat Perjalanan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com