Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Cegah Tikus Bersarang di Mobil Selama Mudik Lebaran

Kompas.com - 10/04/2024, 08:12 WIB
Daafa Alhaqqy Muhammad,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat sedang melakukan agenda pulang kampung selama mudik Lebaran, pemilik mobil diimbau agar berhati-hati dengan risiko tikus bersarang.

Kendala semacam ini dinilai cukup sering terjadi, khususnya jika kampung halaman berada di area perdesaan atau banyak gorong-gorong, lokasi yang cukup sering menjadi sarang tikus.

Ketika tikus masuk dan bersarang di sudu-sudut bagian dalam mobil, ada beberapa potensi risiko yang bisa terjadi. Contoh paling umum adalah kabel-kabel kelistrikan putus akibat digigit.

Situasi semacam ini bisa ditangani dengan mudah, pemilik cukup menyiapkan beberapa bahan khusus yang mencegah tikus masuk.

Baca juga: Polisi Catat Ada 759 Kasus Kecelakaan Selama Masa Mudik Lebaran

Ilustrasi kapur barus, kamper. SHUTTERSTOCK/MASHKA Ilustrasi kapur barus, kamper.

Anjuran ini dibagikan oleh Noval Al-Hudah, Mekanik Senior Mitsubishi Prabu Pendawa Motor. Dia mengatakan, cukup siapkan saja kapur barus bola untuk kamar mandi.

“Pakai kamper (kapur barus) bola yang warna-warni itu, terus dihancurkan dulu, baru disebar saja ke kompartemen dalam kap,” ucapnya saat dihubungi Kompas.com, Selasa (9/4/2024).

Noval mengatakan, kapur barus yang berbau menyengat akan menghalau tikus masuk. Selain itu, hal ini juga tidak berbahaya untuk mobil.

Kapur barus kan nantinya bisa menyublim, enggak berbekas ke mobil. Enggak ada bahaya juga buat komponen,” kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com