Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Gunanya Telur Mentah Dimasukkan ke Dalam Radiator Mobil?

Kompas.com - 05/04/2024, 10:12 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

KLATEN, KOMPAS.com - Beredar video life hack di media sosial tentang seseorang sedang memasukkan telur mentah ke dalam mulut radiator mobil layaknya sedang memasak.

Video tersebut diunggah oleh akun Instagram @indocarstuff dan mendapatkan beragam komentar dari netizen. Sebagian mereka tidak tahu apa manfaat memasukkan telur mentah ke dalam radiator mobil tersebut.

Namun, tidak sedikit juga yang berkomentar cara tersebut bisa digunakan untuk mengatasi kebocoran radiator dalam kondisi darurat. Lantas, apakah benar cara tersebut efektif dan tidak menimbulkan efek samping?

Baca juga: Wajib Cek Air Radiator Sebelum Mobil Dipakai Mudik

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Indocarstuff (@indocarstuff)

 

Hasan Ariyanto, Pemilik Mandiri Auto Klaten mengatakan tidak pernah mengetahui ada metode khusus perawatan radiator menggunakan telur mentah.

“Jika memang dalam kondisi darurat untuk mengatasi radiator bocor saya lebih menyarankan untuk menambal area yang bocor secara langsung dari sisi luar, bisa menggunakan sealant, power glue, lem besi dan sejenisnya,” ucap Hasan kepada Kompas.com, Kamis (4/4/2024).

Hasan mengatakan memasukkan telur mentah ke dalam radiator berisiko menyumbat aliran air radiator. Bagaimanapun telur merupakan benda asing bagi sistem pendingin mesin.

Baca juga: Radiator Mobil Tidak Dirawat Jadi Pemicu Mesin Overheat

Ilustrasi pemeriksaan air radiatorKompas.com/Aditya Maulana Ilustrasi pemeriksaan air radiator

“Belum lagi bila telurnya nyangkut terus susah dikeluarkan saat proses pembersihan, dan yang saya bayangkan justru baunya amis saat proses pembersihan,” ucap Hasan.

Bahri, Pemilik Bengkel Berkah Radiator, Klaten mengatakan cara tersebut kurang efektif meski banyak dilakukan oleh mekanik-mekanik zaman dulu.

“Telur dianggap sebagai bahan seperti lem ketika terkena air panas, maka dari itu diharapkan dapat menyumbat kebocoran radiator, tapi saya sendiri belum pernah mempraktikannya karena tidak yakin efektif,” ucap Bahri kepada Kompas.com, Jumat (5/4/2024).

Baca juga: Batas Aman Suhu Air Radiator Mobil Saat Digunakan

Ilustrasi servis radiator mobilKompas.com/Aditya Maulana Ilustrasi servis radiator mobil

Bahri mengatakan tips tersebut banyak beredar di kalangan sopir angkot pada zaman dulu karena kebanyakan mobil pada saat itu masih menggunakan radiator berbahan kuningan, bukan fiber.

“Saya justru takut telurnya menyumbat saluran radiator dan malah menyebabkan mesin overheat, lagi pula dengan menuangkan telur pada mulut radiator belum tentu bisa menyumbat dengan presisi pada bagian yang bocor,” ucap Bahri.

Bahri mengatakan bila jatuhnya telur pas pada bagian yang bocor dan menempel pada logam maka mungkin saja akan melekat pada area tersebut dan menahan kebocoran.

Baca juga: Pilih Mana, Radiator Pecah di Bengkel atau Saat Perjalanan?


“Tapi bila tidak pas, kan justru malah menimbulkan masalah lain seperti peluang terjadinya radiator pampat, lagi pula mobil modern sudah menggunakan radiator berbahan fiber atau plastik sehingga saya pikir cara itu sudah kuno,” ucap Bahri.

Nah, berhubung kegunaan telur untuk mengatasi kebocoran radiator kurang efektif dan justru berpeluang mengotori radiator cara tersebut tidak disarankan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com