Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Catat Ada Diskon Tarif Tol 20 Persen untuk Pemudik yang Berangkat Awal

Kompas.com - 03/04/2024, 04:22 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Astra Infra memberikan diskon tarif tol buat pemudik yang berangkat lebih awal dari prediksi arus puncak mudik Hari Raya Lebaran 2024.

Diskon sebesar 20 persen itu berlaku di ruas tol Astra Infra, meliputi Tol Tangerang-Merak, Tol Cikopo-Palimanan, dan Tol Jombang-Mojokerto. Diskon tarif tersebut akan dimulai Rabu (3/1/2024) pukul 05.00 WIB sampai Jumat (5/4/2024) pukul 05.00 WIB.

Group Chief Operating Officer Astra Infra Billy Perkasa Kadar mengatakan, lebaran merupakan momen yang dinantikan buat bersilaturahmi. Tentu tingkat mobilisasi masyarakat di mudik pasti akan tinggi tahun ini.

Baca juga: Pantauan SPKLU di Tol Trans-Jawa Jelang Arus Mudik Lebaran 2024

Ratusan mobil tampak mengular di Gerbang Tol Merak, Sabtu (9/3/2024) menunggu antrean masuk pelabuhan Merak.KOMPAS.com/RASYID RIDHO Ratusan mobil tampak mengular di Gerbang Tol Merak, Sabtu (9/3/2024) menunggu antrean masuk pelabuhan Merak.

“Hal ini kami lakukan sebagai bentuk apresiasi perusahaan bagi para pemudik yang telah setia menggunakan jalan tol Astra Infra,” ucap Billy dalam siaran resmi yang diterima Kompas.com, Selasa (2/4/2024).

Diskon tarif tol yang berlaku 2x24 jam ini bisa dinikmati semua golongan kendaraan secara menerus (gate to gate). Selain diskon saat mudik, ada juga saat arus balik, berlaku mulai rabu (17/4/2024) pukul 05.00 WIB sampai Jumat (19/4/2024).

Selain pemberlakuan diskon tarif, Astra Infra melakukan berbagai antisipasi untuk mengurai kepadatan pada puncak arus. Bekerja sama dengan pihak Kepolisian, dilakukan juga delaying system di rest area dan rekayasa lalu lintas lainnya.

Baca juga: Pantauan SPKLU di Tol Trans-Jawa Jelang Arus Mudik Lebaran 2024


Melalui penetapan diskon tarif tol serta upaya-upaya penguraian kepadatan lainnya, Astra Infra berharap dapat mendukung pemerintah untuk menyukseskan mudik lebaran 2024 yang lancar, aman, dan nyaman.

Untuk mengurai kepadatan pada puncak arus, Astra Infra turut mengimbau pemudik untuk dapat merencanakan perjalanan mudik lebaran dengan cerdas dan bijak, dengan menghindari perjalanan pada periode yang diprediksi menjadi puncak arus.

Sebagai antisipasi tambahan, pemudik juga dapat membawa perbekalan secukupnya. Astra Infra turut mengimbau pengguna jalan yang menunaikan ibadah puasa untuk dapat tetap mengutamakan keselamatan dengan menjaga batas kecepatan dan beristirahat jika lelah, mengantuk, atau telah berkendara selama 4 jam berturut-turut.

Pengguna jalan juga diimbau untuk menjaga fasilitas dan beristirahat secukupnya di rest area. Jika penuh, pengguna jalan juga dapat memanfaatkan tempat istirahat di luar jalan tol, untuk kemudian kembali masuk tanpa tambahan biaya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com