Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Standar Peremajaan Mobil Taksi Bluebird, Hanya Dipakai 5 Tahun

Kompas.com - 28/03/2024, 14:17 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Mobil bekas merupakan alternatif buat konsumen yang ingin membeli kendaraan dengan harga terjangkau. Karena itu pasar mobil bekas tidak pernah sepi dan punya pasar sendiri.

Kalau ingin mobil bekas dengan harga lebih miring konsumen bisa melirik mobil bekas eks taksi. Modelnya cukup banyak tapi ciri khasnya biasanya kilometer atau odometer tinggi karena mobil dipakai setiap hari.

Baca juga: PO Kramat Djati Luncurkan 3 Bus Baru Rakitan Laksana

Adrianto Djokosoetono, Direktur Utama PT Blue Bird Tbk, mengatakan, unit taksi Bluebird biasanya mulai dijual untuk umum pada tahun keenam. Operator hanya memakai mobil selama lima tahun pertama.

Blue Bird adakan perayaan 1 dekade Vios Limo Owner Community (VLOC) IST Blue Bird adakan perayaan 1 dekade Vios Limo Owner Community (VLOC)

"Bluebird mempunyai standar peremajaan armada taksi setiap lima tahun," kata Adrianto kepada Kompas.com, Rabu (27/3/2024).

"Sehingga pada awal tahun keenam, mobil taksi yang sudah diremajakan akan mengalami tahapan pencopotan atribut, rekondisi kendaraan, dan proses pemutihan plat nomor agar siap dijual untuk umum," ujarnya.

Adrianto mengatakan, saat ini mobil bekas eks taksi Blue Bird dijual dengan rentang harga mulai Rp 70 juta sampai Rp 550 juta tergantung merek, model, dan tahun pembuatan.

Baca juga: Tips Mengemudi Aman Saat Mudik di Bulan Puasa

"Mobil eks taksi Bluebird tersedia dalam rentang harga yang cukup besar dan bisa disesuaikan dengan budget dan kebutuhan calon konsumen," ujar.

Unit mobil bekas taksi Blue Bird Toyota Limo yang dijual di diler Mobil GoKOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Unit mobil bekas taksi Blue Bird Toyota Limo yang dijual di diler Mobil Go

Untuk konsumen yang mau mobil sedan yang simpel, fungsional dan efisien tersedia Toyota Limo 2015–2016.

Kalau ingin MPV entry level agar muat banyak orang, tersedia Honda Mobilio 2017/2018 dan Toyota Transmover 2017/2018.

Baca juga: Ini Batasan Minimal Usia Kepemilikan Semua Jenis SIM di Indonesia

"Pada rentang harga Rp 70 jutaan tersedia Toyota All New Limo tahun 2015–2016. Mobilo dan Transmover saat ini dijual dengan rentang harga Rp 110 juta–Rp 120 jutaan," kata Adrianto.

"Sedan Toyota Camry AT tahun 2018 di rentang harga Rp 200 jutaan dan Toyota Alphard tahun 2017/2018 di rentang Rp 550 jutaan," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com