Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wajib Perhatikan Kondisi Mobil Sebelum Dipakai Mudik Lebaran

Kompas.com - 28/03/2024, 09:12 WIB
Daafa Alhaqqy Muhammad,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Mendekati agenda mudik Lebaran di awal April 2024, kepolisian mulai membagikan imbauan keselamatan dan meminta masyarakat untuk bersiap.

Satu langkah persiapan yang dimaksud adalah melakukan servis dan memastikan mobil pribadi dalam kondisi prima, untuk mencegah terjadinya kendala selama perjalanan.

Kasubag Renops Bagops Korlantas Polri AKBP Bargani sebagai pengawas operasi ketupat 2024 menjelaskan, kasus mobil terkendala selama masa mudik cukup sering terjadi. Kondisi ini seyognyanya diminimalisir dan jadi pertimbangan pemilik.

“Kami (Polisi) hanya bisa bantu mengawal dan memastikan keselamatan selama mudik, kalau untuk persiapannya, ini tergantung kesadaran masyarakat,” ucapnya saat dihubungi Kompas.com, Selasa (26/3/2024).

Baca juga: Tips Mudah Parkir Mobil secara Paralel

Tampak petugas dan warga tengah membantu mendorong serta mengganjal kendaraan pemudik yang mogok di jalur tanjakan Kamojang-Ibun.Foto Humas Polda Jabar Tampak petugas dan warga tengah membantu mendorong serta mengganjal kendaraan pemudik yang mogok di jalur tanjakan Kamojang-Ibun.

Menimbang masih ada selang beberapa hari sebelum masuk momentum mudik, sisa waktu yang ada sebaiknya dimanfaatkan untuk mulai mendata persiapan-persiapan sepanjang perjalanan.

“Buat pemilik mobil sebaiknya servis dulu, diremajakan dulu kondisi mobil supaya tidak ada kendala,” kata dia.

Tidak hanya memastikan mobil dalam kondisi prima, Bargani juga mengimbau pemudik untuk menyiapkan perlengkapan penunjang perjalanan, seperti obat-obatan dan alat P3K.

Jika persiapan dimulai lebih dini, agenda mudik diyakini bisa berjalan lancar dan bebas dari kendala akibat berangkat tergesa-gesa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com