Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kuota Ludes, Kemenhub Mau Tambah Kuota Mudik Gratis 2024

Kompas.com - 18/03/2024, 09:22 WIB
Ruly Kurniawan,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) berencana menambah kuota mudik gratis untuk periode Lebaran tahun ini.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub Hendro Sugiatno menjelaskan, keputusan tersebut seiring dengan respons positif dari para pemudik usai pihaknya membuka program mudik gratis.

"Ketika dibuka pada 13 Maret 2024 lalu, kami sudah siapkan tiket mudik gratis untuk 58.694 penumpang, sepeda motor 17.880 dan sekarang sudah habis," katanya dalam konferensi virtual, Minggu (17/3/2024).

Baca juga: Catat, Ini Prediksi Arus Mudik Lebaran di Jabodetabek

Mudik gratis sepeda motor via kapal laut KEMENHUB Mudik gratis sepeda motor via kapal laut

"Satu hari dibuka langsung diserbu," lanjut Hendro..

Dengan melihat tingginya minat dari masyarakat, Kemenhub saat ini melakukan evaluasi terhadap layanan mudik gratis, dan mempertimbangkan opsi penambahan kuota.

"Kami sedang evaluasi, apakah perlu penambahan-penambahan lagi. Nanti informasi lanjutnya akan kami beri tahu," katanya.

Melalui program mudik gratis, Kemenhub memfasilitasi layanan mudik menggunakan bus dan truk, kereta api, serta kapal laut melalui Direktorat masing-masing.

Secara rinci, layanan mudik gratis pada moda transportasi darat, Kemenhub sebenarnya menyiapkan tiket untuk 3.088 penumpang dan 900 sepeda motor dengan 33 kota tujuan mudik.

Di antaranya, Garut, Tasikmalaya, Tuban, Lampung, hingga Pangkala Bun.

Baca juga: Jaga Kelancaran Mudik Lebaran, Polisi Gelar Operasi Ketupat 2024

722 bus disiapkan Kemenhub untuk program mudik gratis 2024Kemenhub 722 bus disiapkan Kemenhub untuk program mudik gratis 2024

Kemudian untuk layanan mudik gratis melalui moda transportasi kereta api, Kemenhub menyiapkan 28.196 tiket penumpang dan 12.180 sepeda motor, dengan rute lintas utara, lintas tengah, dan lintas selatan.

Sementara untuk layanan menggunakan moda transportasi laut, Kemenhub memfasilitasi 9.800 tiket penumpang dan 4.800 motor untuk ruas Tanjung Priuk - Tanjung Mas.

Serta 17.610 tiket penumpang untuk 14 ruas trayek pelayaran angkutan laut lainnya.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyebut program ini dibuka supaya masyarakat tidak memakai sepeda motor untuk melakukan perjalanan mudik karena punya potensi bahaya besar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com