Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menguji Performa dan Efisiensi Daya Mobil Listrik Kia EV9 GT-Line

Kompas.com - 16/03/2024, 14:22 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kia EV9 GT-Line memiliki dimensi yang cukup besar dengan tampilan yang futuristik. Meskipun bongsor, tapi urusan performa, akselerasi dan torsi mobil listrik tidak bisa dipandang sebelah mata.

EV9 GT-Line dibangun di atas platform yang sama seperti EV6, menggunakan Electric Global Modular Platform (E-GMP). SUV listrik ini dibekali baterai dengan kapasitas yang cukup besar, yakni 99,8 kWh.

Baca juga: Bahas Fitur SUV Listrik Kia EV9 GT-Line, Punya Jok Canggih

Kia juga menyematkan dua motor listrik berjenis Permanent Magnet Synchronous pada bagian depan dan belakang. Sehingga, EV9 GT-Line memiliki kemampuan yang sama dengan mobil berpenggerak semua roda alias all wheel drive (AWD).

Interior Kia EV9 GT-LineKompas.com/Donny Interior Kia EV9 GT-Line

Dengan dua motor listrik tersebut, tenaga yang dihasilkan bisa mencapai 283 kW atau setara dengan 379,5 Tk dan torsi maksimalnya sebesar 700 Nm. Kia mengeklaim kemampuan akselerasinya untuk 0-100 kilometer per jam dapat diraih dalam 5,3 detik. Sedangkan kecepatan maksimumnya, bisa tembus 200 kilometer per jam.

Saat redaksi Kompas.com mencoba akselerasinya menggunakan mode berkendara Sport, torsi yang dikeluarkan memang instan dan terasa sangat besar. Tidak sulit dan tidak butuh waktu lama untuk menembus 100 kilometer per jam. Kelebihan ini tentu sangat membantu ketika akan menyalip kendaraan lain di jalan tol.

Baca juga: Mengulik Kenyamanan Berkendara Kia EV9 GT-Line

Menariknya, saat mobil digeber hingga melewati 100 kilometer per jam, joknya mulai menyempit pada bagian punggung. Seakan mengisyaratkan posisi badan untuk dalam keadaan sigap.

Kia EV9 GT-LineKompas.com/Donny Kia EV9 GT-Line

Terkait efisiensi daya, redaksi Kompas.com yang mengetesnya memiliki postur 157 cm dengan berat 60 Kg. Untuk pengetesannya, EV9 GT-Line dipakai berkendara secara normal, tanpa teknik eco driving.

Selain itu, rute yang digunakan juga beragam, begitu pula dengan kondisi lalu lintasnya. Jarak yang ditempuh adalah 60 Km. Diharapkan dapat menjadi simulasi dari kondisi berkendara harian.

Kia EV9 GT-LineKompas.com/Donny Kia EV9 GT-Line

Hasilnya, EV9 GT-Line memiliki efisiensi daya 4,6 km/kWh. Terkesan cukup boros, tapi jangan lupa kapasitas baterai yang disematkan juga cukup besar. Kia sendiri mengeklaim jarak tempuhnya bisa mencapai 497 Km. Jadi, untuk dipakai harian di perkotaan maupun ke luar kota yang jarak 300 Km, sebenarnya masih sangat aman.

Saat ini, PT Kreta Indo Artha memasarkan EV9 GT-Line dengan banderol Rp 1,975 miliar (OTR Jakarta).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com