Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daihatsu Targetkan Recall Xenia Capai 90 Persen di 2024

Kompas.com - 16/03/2024, 08:02 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Astra Daihatsu Motor (ADM) belum lama ini mengumumkan penarikan kembali (recall) produk Daihatsu Xenia yang sudah dipasarkan ke konsumen Indonesia. Recall tersebut terkait adanya masalah pada shock absorber serta door beam.

Sri Agung Handayani, Marketing Director dan Corporate Planning & Communication Director PT Astra Daihatsu Motor (ADM) mengatakan, saat ini masih sedikit pelanggan Xenia yang melakukan recall ke bengkel resmi.

“Kalau Xenia yang door beam itu 5 persen, untuk nut shock absorber 3 persen,” ucap Agung, saat ditemui di Jakarta Pusat, Kamis (14/3/2024).

Baca juga: Mau Mudik, Jangan Biarkan Tabung Air Wiper Kosong

Menurut Agung, minimnya pelanggan yang melakukan seruan recall di bengkel resmi disebabkan oleh beberapa hal, satu diantaranya adalah masa pemilu dan musim libur.

“Karena kan kepotong pemilu kemarin, musim libur juga. Kita juga bingung, karena kalau Ayla kemarin cepat banget kemarin, 98 persen sudah selesai, tidak sampai 5 bulan,” kata Agung.

Daihatsu All New XeniaKOMPAS.com/Adityo Wisnu Daihatsu All New Xenia

Kendati demikian, Agung mengatakan, bahwa Daihatsu secara terus menerus menghubungi pelanggan yang terdampak untuk segera melakukan recall di bengkel Daihatsu terdekat.

Untuk mempercepat proses recall tersebut, Daihatsu juga berusaha untuk mengontak 100 konsumen per hari untuk melakukan pengecekan dan perbaikan kendaraan. Tak hanya itu, program recall Daihatsu Xenia ini juga ditargetkan bisa mencapai 90 persen 2024.

“Kita target tahun ini kurang lebih 90-an persen (pemilik Xenia yang melakukan recall),” ucap Agung.

Baca juga: Strategi Fuso Soal Hadapi Gempuran Truk China

Sebagai informasi, Daihatsu melakukan recall pada model All New Xenia sebanyak 42.017 unit produksi November 2021-September 2023. Penarikan kembali produk tersebut lantaran adanya masalah pada SSC Nut (mur) shock absorber.

Sementara, untuk All New Xenia yang perlu dilakukan pengecekan dan perbaikan pada bagian door beam depan kanan, sebesar 1.410 unit dengan keterangan produksi pada November 2022.

Adapun bagi pelanggan Xenia yang ingin memastikan apakah masuk dalam program recall, bisa langsung mengunjungi laman resmi ssc.daihatsu.co.id dengan memasukkan nomor rangka kendaraan, atau menghubungi call center Daihatsu di 1-500-898.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com