Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kemenhub Sediakan 722 Unit Bus Mudik Gratis, Cek Kota Tujuannya

Kompas.com - 06/03/2024, 07:31 WIB
Stanly Ravel

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebanyak 722 unit bus disiapkan Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan (Kemenhub) sebagai angkutan mudik gratis Lebaran 2024.

Dari jumlah bus tersebut, Kemenhub membuka 30.088 kuota mudik gratis yang terdiri dari 24.368 orang untuk arus mudik dan 5.720 orang untuk arus balik.

Tak hanya itu, Direktur Jenderal Perhubungan Darat Hendro Sugiatno menjelaskan, pihaknya di tahun ini juga kembali menyediakan kuota 900 unit pengangkutan motor dengan truk secara gratis.

"Disediakan kuota 450 unit untuk arus mudik dengan 15 truk dan 450 unit untuk arus balik yang diangkut dengan 15 unit truk juga. Jadi akan ada 30 unit truk," ujar Hendro dalam keterangan resminya, Selasa (5/3/2024).

Baca juga: SOP Pengangkutan Motor Listrik yang Aman Saat Mudik Lebaran

Hendro menjelaskan, pendaftaran mudik gratis Lebaran 2024 dibuka mulai 6 Maret sampai 3 April 2024, atau jika kuota sudah habis.

Mudik Gratis Kemenhub Lebaran 2024KEMENHUB Mudik Gratis Kemenhub Lebaran 2024

Pendaftarannya sendiri bisa dilakukan melalui aplikasi MitraDarat dengan cara mengunduh melalui Appstore atau Playstore.

Sementara tujuan mudik dan balik tahun ini totalnya mencapai 33 kota yang tersebar di Provinsi Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa TImur, Kalimantan, serta Sumatera.

Untuk Jawa Barat meliputi Garut, Tasikmalaya, dan Cirebon. Sementra Provinsi Jateng-Yogyakarta ada 19 kota yaitu Solo, Tegal, Pekalongan, Semarang, Demak, Jepara, Pati, Blora, Boyolali, Klaten, Wonogiri, Purwokerto, Cilacap, Wonosobo, Kebumen, Magelang, Wonosari, Sragen dan Yogyakarta.

Baca juga: Daftar Harga LCGC Baru Bulan Ini, Termurah mulai Rp 135 Juta

Provinsi Jawa Timur terdiri dari lima kota, yakni Madiun, Surabaya, Tuban, Malang, dan Tulungagung. Selanjutnya dua kota di Kalimantan yaitu Banjarmasin dan Pangkalan Bun, dan wilayah Sumatera terdiri dari empat kota yang meliputi Lampung, Palembang, Bengkulu, dan Padang.

Mudik Gratis Kemenhub Lebaran 2024KEMENHUB Mudik Gratis Kemenhub Lebaran 2024

"Untuk kota asal arus balik terdapat di sembila kota yaitu Solo, Cirebon, Madiun, Surabaya, Semarang, Purwokerto, Wonogiri, Yogyakarta, dan Pelembang.

Sedangkan untuk lokasi tujuan mudik dan balik pengangkutan motor sebanyak lima kota, yaitu Solo, Semarang, Purwokerto, Wonogiri, dan Yogyakarta," kata Hendro.

Penyerahan motor untuk kegiatan arus mudik dilaksanakan pada 4 April 2024 di Terminal Tipe A Pondok Cabe Tangerang Selatan, dan akan diberangkatkan pada 5 April 2024.

Baca juga: Harga City Car Baru Stagnan Bulan Ini, Cek Daftarnya

Sedangkan untuk penumpan, akan diberangkatkan via enam terminal yakni, Pulogebang Jakarta, Pondok Cabe Tangerang Selatan, dan Jatijajar Depok pada 6 April 2024.

Ilustrasi mudik gratis Lebaran. DOK. Kemenhub Ilustrasi mudik gratis Lebaran.

"Untuk Terminal Kampung Rambutan Jakarta, Poris Plawad Tangerang, dan W. A Gara Kalimantan Tengah dilakukan pada 7 April 2024," ucapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com