Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Awal Mula BMW E30 Mulai Kembali Diburu Pencinta Otomotif

Kompas.com - 07/03/2024, 09:02 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Banyak mobil lawas yang masih diminati hingga saat ini. Salah satunya adalah BMW E30 yang kembali diburu para pencinta otomotif beberapa tahun belakangan ini.

E30 merupakan sedan BMW yang diproduksi pada era '80-an awal hingga '90-an awal. Populasinya cukup banyak di dunia, termasuk di Indonesia yang dijual dengan skema Complete Knock-Down dengan komponen yang didatangkan langsung dari Jerman.

Baca juga: Berburu BMW E30, Apa Saja yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membeli?

Popularitas E30 di Indonesia naik karena digunakan pada film Catatan Si Boy yang dirilis tahun 1987. Sehingga, di akhir '80-an, mobil ini sering kali diasosiasikan sebagai mobil mewah atau mobilnya para sosialita.

BMW E30 Alpina, lebih langka ketimbang E30 M3.Carscoops BMW E30 Alpina, lebih langka ketimbang E30 M3.

Findy Dony, pemilik bengkel spesialis BMW E30 Finn's Garage, mengatakan, awal mula E30 belakangan ini jadi ramai lagi peminatnya adalah ketika tren mobil-mobil '90-an mulai naik lagi.

"Ada yang suka mobil-mobil Jepang atau Japan Domestic Market (JDM), seperti Civic, Estilo, dan lain-lain. Nah, kalau yang mobil Eropa, banyak yang larinya ke E30," ujar Findy kepada Kompas.com, belum lama ini.

Baca juga: Berburu Mobil Klasik BMW E30, Harga Pasarannya Gelap

Findy menambahkan, selain karena tren mobil '90-an, popularitas E30 pada beberapa tahun belakangan ini naik juga karena banyak digunakan oleh figur publik.

BMW E30 WagonDok. M-flight-europe.com BMW E30 Wagon

"Fitra Eri pernah pakai, Andrea Taulany juga, Arief Muhammad, Den Dimas, dan lainnya. Lalu, dari situ mulai deh, yang di daerah juga nonton YouTube jadi tertarik," kata Findy, yang bengkelnya berlokasi di daerah Cinere, Depok.

Dikutip dari M-flight-europe.com, Kamis (7/3/2024), E30 diciptakan dengan konsep The Ultimate Driving Machine yang artinya mesin yang hebat untuk dikendarai. Mobil ini awalnya didesain oleh Paul Bracq dan selanjutnya dikembangkan oleh Claus Luthe. Sementara itu, eksteriornya didesain oleh Boyke Boyer.

Modelnya tidak hanya sedan 4-pintu, E30 awalnya justru diproduksi dengan 2-pintu alias coupe. Kemudian, terus berkembang dan lahir juga model cabriolet atau atap terbuka dan wagon alias touring.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com