Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Soal Motor Listrik Belum Bisa Diangkut Mudik Gratis 2024, KAI Buka Suara

Kompas.com - 05/03/2024, 16:12 WIB
Daafa Alhaqqy Muhammad,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) kembali mengadakan program Angkutan Motor Gratis (MOTIS) untuk momen mudik gratis 2024. Namun untuk tahun ini, akan ada beberapa penyesuaian dan aturan baru.

Melalui Direktorat Jenderal Perkeretaapiaan (DJKA), Kemenhub menetapkan jika layanan MOTIS 2024 tidak berlaku untuk motor listrik.

Aturan ini terbilang baru dan belum pernah diberlakukan sebelumnya. Hal ini bisa dipahami, mengingat motor listrik adalah moda transportasi anyar dan mulai populer di 2023.

Informasi ini dipastikan oleh Arif Anwar, Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Kereta Api Kemenhub. Dia menjelaskan, alasan dari ketetapan itu adalah belum adanya regulasi dan SOP untuk pengangkutan motor listrik.

Baca juga: Bus Listrik JR Connexion Pertama Resmi Layani Rute PIK 2-Kelapa Gading

 Angkutan Motor Gratis (MOTIS) tahun ini akan menjangkau wilayah Jawa TimurKEMENHUB Angkutan Motor Gratis (MOTIS) tahun ini akan menjangkau wilayah Jawa Timur

Ketiadaan SOP yang jelas dan komprehensif dikhawatirkan bisa memunculkan beberapa kendala saat proses transport. Oleh karenanya, motor listrik dihilangkan dari daftar penerima program MOTIS 2024.

“Untuk saat ini kami memang belum melayani untuk motor listrik. jadi regulasinya belum jelas dari Ditjen Perhubungan Darat. Kami pun juga belum mengetahui secara pasti SOP-nya membawa motor listrik seperti apa,” kata Anwar di sela-sela konferensi pers di Jakarta, Jumat (1/3/2024)

Menanggapi persoalan ini, pihak Kereta Api Indonesia (PT KAI) mengaku akan mengikuti semua proyeksi dan ketetapan yang telah diatur oleh Kemenhub.

Joni Martinus, Vice President Public Relations (VP PR) PT KAI menjelaskan, persiapan mendetil perihal MOTIS dan mudik gratis 2024 merupakan ranah Kemenhub, mulai dari SOP, syarat, serta ketentuan.

Baca juga: Shell Optimistis Industri Migas Tidak Akan Tergeser Kendaraan Listrik

 Angkutan Motor Gratis (MOTIS) tahun ini akan menjangkau wilayah Jawa TimurKEMENHUB Angkutan Motor Gratis (MOTIS) tahun ini akan menjangkau wilayah Jawa Timur

“MOTIS itu kan programnya kemenhub, terkait syarat dan aturan tentu Kemenhub-lah yang layak menetapkan. Kami (KAI) menyiapkan sarananya untuk mendukung program MOTIS, kami tentu support dalam hal penyediaan gerbong, seperti itu saja,” ucapnya saat dihubungi Kompas.com, Selasa (5/3/2024).

Dia menambahkan, pihak KAI akan tetap berkoordinasi dengan Kemenhub dalam hal suksesi MOTIS 2024, supaya program ini berjalan kondusif dan aman tanpa kendala.

“Kami dari KAI mengikuti (Kemenhub), tapi kami juga akan melakukan pertimbangan-pertimbangan juga dengan Kemenhub. Intinya kan supaya mudik gratis ini aman dan lancar, ini keinginan kita bersama,” kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com