Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Shell Bangun Pabrik Gemuk di Bekasi, Terbesar Ke-3 di Dunia

Kompas.com - 04/03/2024, 14:31 WIB
Daafa Alhaqqy Muhammad,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Shell Indonesia mengumumkan pendirian grease manufacturing plant (GMP) di Marunda, Bekasi, Jawa Barat, sebagai basis produksi grease products alias gemuk.

Pabrik terbaru ini diklaim sebagai basis produksi terbesar ketiga di dunia, dengan kapasitas produksi hingga 12 juta liter per tahun untuk pemenuhan pasar domestik serta ekspor.

Jason Wong, Executive Vice President Global Shell Lubricants, menjelaskan, pendirian GMP di Bekasi ini masuk ke dalam roadmap bisnis shell dalam hal pengembangan produk pelumas, baik untuk keperluan industri maupun otomotif.

“Pertumbuhan ekonomi Indonesia yang pesat semakin menekankan pentingnya produk pelumas, termasuk gemuk, untuk mendukung perkembangan berbagai sektor industri,” ucapnya di sela-sela acara konferensi pers di Jakarta, Senin (4/3/2024).

Baca juga: Cek Kondisi Mobil Bekas Bisa Dilihat dari Sabuk Pengaman

Shell Dirikan Pabrik Gemuk di Bekasi, Terbesar Ke-3 di DuniaKompas.com/Daafa Alhaqqy Shell Dirikan Pabrik Gemuk di Bekasi, Terbesar Ke-3 di Dunia

Pabrik GMP baru shell ini akan memproduksi produk gemuk dengan merek Shell Gadus. Peruntukannya cukup luas dan mencangkup alat-alat berat industri dan manufaktur.

“Dengan menjamin pasokan yang konsisten, efisien, dan berkelanjutan bagi para pelanggan, proyek ini memastikan bahwa kami akan selalu ada untuk para pelanggan di masa yang akan datang,” kata Jason.

Lebih lanjut, pendirian pabrik baru ini juga diklaim bisa membuka lapangan pekerjaan baru untuk tenaga kerja lokal di Indonesia, mengingat kapasitas produksinya sangat besar.

Shell belum memberikan pengumuman pasti terkait kapan pabrik baru ini mulai beroperasi. Hanya saja, proses pengembangannya sudah dimulai dan berjalan pesat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com