Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Adu Fitur Chery Tiggo 5X dan Wuling Alvez, Siapa Paling Lengkap?

Kompas.com - 01/03/2024, 08:31 WIB
Stanly Ravel

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Datang sebagai pemain baru di segmen sport utility vehicle (SUV) ringkas, Chery Tiggo 5X ikut dibekali beragam teknologi tinggi.

Salah satunya melalui kehadiran Advanced Driver Assistance System (ADAS). Namun tak hanya Tiggo 5X, teknologi ADAS juga sudah dimiliki Wuling Alvez yang lebih dulu meluncur.

Meski demikian, tentu sajian fitur ADAS pada kedua mobil asal Tiongkok ini ada perbedaan, baik dari segi fungsi atau jumlahnya. Lantas mana yang paling lengkap?

Teknologi ADAS pada Chery Tiggo 5X dimiliki pada varian tertinggi, yakni Champion, yang harganya dijual Rp 299 juta.

Baca juga: Kabin Chery Tiggo 5X Vs Wuling Alvez, Mana yang Lebih Menarik?

Ada tujuh fitur yang dimiliki pada ADAS Tiggo 5X, yakni lane departure warning, blind spot detection, rear cross traffic alert, adaptive cruise control, font collision warning, autonomous emergency braking, dan intelligent high beam control headlamp.

Chery Tiggo 5 XKompas.com/Donny Chery Tiggo 5 X

Selain itu, Chery juga melengkapi Tiggo 5X dengan Intelligent Voice Assistant yang dihadirkan untuk kemudahan operasional.

Bicara keselamatan berkendara, Tiggo 5X punya modal yang cukup kuat. Dari pengereman ABS, EBD, BAS, dan brake override system, lalu ada terdapat TCS, ESP, hill start assist, dan hill descent control.

Tak sampai itu saja, masih ada tire pressure monitoring system (TPMS), enam airbag, ISOFIX, sampai vehicle body anti thef, serta gren glass untuk semua variannya.

Baca juga: Sama-sama 1.500 cc, Tiggo 5X Vs Wuling Alvez Mana Paling Bertenaga?

Wuling Alvez meluncur di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023, Februari lalu. Alvez menjadi senjata Wuling masuk ke segmen baru yaitu SUV ringkas atau bisa disebut SUV B.KOMPAS.com/Adityo Wisnu Wuling Alvez meluncur di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023, Februari lalu. Alvez menjadi senjata Wuling masuk ke segmen baru yaitu SUV ringkas atau bisa disebut SUV B.

Untuk Wuling Alvez, fitur pada ADAS meliputi adaptive cruise control, bend cruise assistance, traffic jam assistance, intelligent cruise assistance, safe distance warning, juga forward collision warning.

Selanjutnya ada collision mitigation system, automatic emergency braking, intelligent hydraulic braking assistance, lane deparute warning, lane keeping assistance, serta intelligent head beam assistance.

Dari penjabaran tersebut, sudah bisa diketahui ADAS siapa yang paling lengkap. Sedangkan untuk keselamatan, Alvez yang banderolnya saat ini dipasarkan Rp 300 juta untuk versi tertinggi telah dilengkapi pengereman ABS, EBD, ESC dan TCS.

Baca juga: Aturan Data STNK Bakal Dihapus jika Pajak Kendaraan Mati 2 Tahun Segera Berlaku

Berikutnya terdapat emergency stop signal, EPB dengan auto hold, hill hold control, TPMS, seatbelt reminder, immobilizer, anti thef alarm, dan dual SRS airbag.


Melihat dari sajian fitur yang dihadirkan, baik pada ADAS dan sistem keselamatan, rasanya Tiggo 5X dan Alvez EX punya perbedaan yang tipis. Tinggal balik lagi keputusan konsumen yang menentukan nantinya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com