Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kabin Chery Tiggo 5X Vs Wuling Alvez, Mana yang Lebih Menarik?

Kompas.com - 28/02/2024, 07:31 WIB
Stanly Ravel

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Bicara soal interior, sekilas Chery Tiggo 5X punya tampilan yang cukup mewah dengan layout yang terlihat modern. Tak kalah dengan yang ditawarkan Wuling Alvez.

Kabinnya didominasi warna hitam, seperti doortrim, dasbor, sampai lapisan jok yang kemudian ditambah aksen merah pada beberapa bagian.

Tak hanya itu, sentuhan warna silver di beberapa sektor juga membuat kesan elegan. Seperti di kisi-kisi air conditioner (AC), lingkar kemudi, dan tepian konsul tengah.

Baca juga: Deretan Fitur yang Bikin Performa Mitsubishi XForce Lebih Optimal

Mengusung konsep SUV ringkas, layout dasbor dibuat sedikit padat. Pada bagian tengah, terdapat head unit 10,25 inci dengan desain floating yang bisa terkoneksi dengan Apple CarPlay dan Android Auto.

Interior Chery Tiggo 5XKOMPAS.com/STANLY RAVEL Interior Chery Tiggo 5X

Lingkar kemudi juga syarat dengan tombol-tombol fungsi untuk mengakses audio dan beberapa fitur lain yang dihadirkan pada Tiggo 5X. Hal ini seakan menggambarkan Chery ingin mengedepankan sisi driver oriented.

Untuk mendukung kesehatan penumpang, Chery juga menyediakan teknologi purifikasi udara N95. Sedangkan kesan mewah ditunjukkan melalui lampu ambient multicolor yang dapat disesuaikan untuk mengatur suasana kabin, dan kehadiran sunroof electric.

Fitur lainnya juga dihadirkan seperti kamera 360 dengan kualitas HD dan meter cluster digital yang punya dimensi cukup besar.

Baca juga: Sama-sama 1.500 cc, Tiggo 5X Vs Wuling Alvez Mana Paling Bertenaga?

Untuk kelapangan, pada baris pertama ketika mencoba duduk menjadi pengendara dan penumpang tak ada masalah. Ruang kaki dan kepala masih cukup baik untuk penumpang dewasa dengan tinggi 173 cm.

Dasbor Wuling AlvezDok. Wuling Dasbor Wuling Alvez

Demikian juga pada baris kedua. Tapi bila bangku pada jok baris pertama dimundurkan, ruang kaki memang sedikit terasa mepet.

Sementara untuk Wuling Alvez, punya tampilan desain interior yang mengedepankan kesan elegan.

Warna hitam ikut mendominasi, baik dari jok yang dilapis sintetis sama dengan lingkar kemudi, dasbor, dan door trim. Untuk sunroof juga sudah tersedia pada varian tertinggi.

Baca juga: Sebentar Lagi Naik, Ini Tarif Baru Jalan Tol Jakarta-Cikampek dan MBZ

Beberapa bagian interior Alvez didukung material soft touch. Sarana informasi pengendara dihadirkan melalui MID berdimensi 7 inci, dan untuk hiburan dari layar sentuh 10,25 inci yang dilengkapi fitur smartphone mirroring.

Bangku baris kedua Wuling AlvezDok. Wuling Bangku baris kedua Wuling Alvez

Wuling juga melengkapi Alvez dengan sistem pendingin udara PM2.5, tampilan AC digital, lingkar kemudi dengan ragam tombol fungsi, serta beberapa fitur lain seperti Wuling remote control app dan Wuling Indonesian Command.

Kelapangan kabin yang dihadirkan baik untuk baris pertama dan kedua, ketika mencoba jadi pengendara dan penumpang cukup baik. Ruang kaki dan kepala mampu mengakomodir kenyamanan penumpang dewasa.

Baca juga: Kesalahan yang Bikin Busi Mobil Cepat Rusak

Baris kedua Chery Tiggo 5Xwww.chery.co.id Baris kedua Chery Tiggo 5X

Dari perbandingan singkat ini, terlihat keduanya punya masing-masing kelebihan. Namun terasa Wuling Alvez lebih mengedepankan sisi elegan pada kabin, sementara Tiggo 5X lebih ke arah sporty.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com