BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Toyota

Popularitas Brand GR Terus Naik, Toyota Luncurkan GR Corolla di IIMS 2024

Kompas.com - 28/02/2024, 15:45 WIB
Erlangga Satya Darmawan,
Sri Noviyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com - PT Toyota-Astra Motor (TAM) resmi memperkenalkan produk kendaraan terbaru bagian dari Toyota Gazoo Racing (TGR), yakni GR Corolla, pada ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024 di JIExpo Kemayoran, Jakarta Utara.

Dalam ajang tersebut, Toyota memamerkan kendaraan barunya itu bersamaan dengan kendaraan motorsport TGR lain, seperti Agya GR Sport, Yaris Cross GR Parts HEV, dan RAV4 GR Sport PHEV.

Marketing Director TAM Anton Jimmi Suwandy mengatakan, kehadiran GR Corolla di Tanah Air tak lepas dari semakin meningkatnya popularitas brand GR.

Hal tersebut dibuktikan dari banyaknya produk GR yang dipasarkan di Indonesia.

“Dari 19 produk Toyota yang dipasarkan, komposisi model GR itu mencapai 80 persen. Pada IIMS 2024 ini, TAM memajang GR model yang terdiri dari model GR Pure, GR Sport, dan GR Parts bersamaan dengan launching penjualan GR Corolla,” ujar Anton dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Senin (19/2/2024).

GR Corolla, tambah Anton, sudah mulai ada di pasar Indonesia sejak Agustus 2023. Namun, Toyota kala itu masih belum memberitahukan perihal harga resmi kendaraan tersebut.

Adapun pada ajang IIMS 2024, Toyota resmi membuka pre-booking GR Corolla bagi konsumen di Tanah Air yang minat terhadap kendaraan tersebut.

“Pelanggan bisa menghubungi jaringan dealer resmi Toyota untuk mendapatkan informasi tentang skema penjualan GR Pure ke-4 di Indonesia ini,” ucapnya.

Anton menambahkan, key performance GR Corolla terletak pada engine turbo berkode G16E-GTS yang sama dengan milik GR Yaris.

Mesin tersebut dilengkapi dengan unit 3-silinder berkapasitas 1.618 CC dan dilengkapi teknologi D-4ST and Port Injection.

Berkat spesifikasi tersebut, GR Corolla sanggup menghasilkan tenaga sebesar 300 Pferdestarke (PS) pada 6.500 revolution per minute (rpm) dan torsi hingga 370 Newtonmeter (Nm) pada 3.000–5.550 rpm.

Sementara mesin GR Yaris sebagai basisnya mampu memproduksi tenaga sebesar 261 PS dan torsi 360 Nm.

Lebih lanjut, Anton mengatakan, GR Corolla hadir dengan tema “Untamed Energy”.

“Lewat tema tersebut, setidaknya ada tiga misi utama yang ingin dicapai oleh Toyota melalui GR Corolla, yakni making ever-better motorsports-bred car, making sports car that WOWs customer, dan bring back sports DNA to Corolla,” ucap Anton.

Baca juga: Spesifikasi Toyota GR Corolla yang Baru Meluncur, Harga Rp 1,3 Miliar

Hadirkan livery baru

Selain GR Corolla, ajang IIMS 2024 juga jadi kesempatan bagi Toyota untuk mengumumkan kehadiran kendaraan balap All New Agya GR Sport yang dilengkapi dengan livery terbaru.

Marketing Director TAM Hiroyuki Oide menjelaskan bahwa livery baru tersebut melambangkan semangat pantang menyerah sekaligus menunjukkan komitmen dan kesiapan tampil penuh di ajang balap nasional 2024.

Tak hanya All New Agya GR Sport, model livery terbaru dari Toyota itu rencananya juga akan dipakai pada seluruh kendaraan balap lilik Toyota Gazoo Racing Indonesia (TGRI) yang berlaga di kompetisi 2024.

“Salah satu yang siap tampil di ajang balap nasional ya All New Agya GR Sport. Mobil balap ini dibalut livery all-matte black terbaru GR. Livery ini melambangkan kecepatan dan merepresentasikan semangat Pushing the Limit for the Better. Sentuhan pada beberapa aspek juga menjanjikan performa yang lebih andal agar siap berkompetisi penuh musim ini,” jelas Hiroyuki.

Hiroyuki menambahkan, kehadiran livery baru dari Toyota juga menjadi penanda dari debut All New Agya GR Sport yang siap turun pada full season bersama pebalap-pebalap muda TGRI.

Seluruh kendaraan balap milik Toyota Gazoo Racing Indonesia (TGRI) yang berlaga di kompetisi 2024 akan menggunakan livery terbaru.Dok. TAM Seluruh kendaraan balap milik Toyota Gazoo Racing Indonesia (TGRI) yang berlaga di kompetisi 2024 akan menggunakan livery terbaru.

Berdasarkan sepak terjang dari race car baru TGRI itu pada 2023 dan berbagai improvement yang sudah dilakukan jelang 2024, All New Agya GR Sport diharapkan dapat menjadi kompetitor yang layak diperhitungkan.

Apalagi, sentuhan sporty hatchback dari kendaraan balap itu sudah semakin disempurnakan oleh engineer TGRI.

Sebagai informasi, TGRI akan kembali mengikuti ajang motorsport yang diadakan pada 2024.

Meskipun tergolong sebagai pemain baru, TGRI sudah pernah berkompetisi di enam ajang motorsport berbeda, baik di tingkat regional seperti GT World Challenge Asia (GTWCA) dan Asia Cross Country Rally maupun di tingkat nasional seperti balap touring ISSOM, Rally, Sprint Rally, serta Slalom, pada 2023.

TGRI pun berhasil menutup 2023 dengan menjadi juara pada hampir semua cabang motorsport yang diikuti. Untuk 2024, TGRI akan kembali berpartisipasi pada semua ajang tersebut.

Gelaran motosport 2024 pun diprediksi akan semakin menarik karena beberapa cabang seperti GTWCA telah melakukan improvement dengan bergabung di kejuaraan GTWCA Japan Cup 2024 yang lebih kompetitif.

Bermakna penting

Meski mengaku senang bisa sukses di semua ajang motosport, Anton mengaku hal itu bukan jadi satu-satunya tujuan dari kegiatan brand GR.

Pasalnya, keikutsertaan pada sebuah kompetisi juga bermakna penting karena menyediakan banyak ilmu serta pengalaman baru yang bisa diaplikasikan pada berbagai bidang lain, seperti menghadirkan ever-better cars yang sejalan filosofi Road Build People and People Build Car.

Tak hanya itu, keikutsertaan TGRI pada ajang motosport juga jadi momen untuk menguji berbagai teknologi ramah lingkungan yang dirasa cocok untuk meningkatkan excitement dari kompetisi itu sendiri.

Teknologi tersebut, mulai dari elektrifikasi seperti hybrid engine di WRC dan WEC, bahkan bakar hidrogen (H2), hingga carbon-neutral fuel yang langsung dicoba oleh Morizo (Akio Toyoda) di berbagai event balap endurance.

Baca juga: Livery Baru Mobil Balap Toyota Agya GR Sport di IIMS 2024

Penerapan teknologi itu pun sejalan dengan prinsip “Carbon is Our Enemy” yang tengah diusung TGRI dalam beberapa tahun terakhir.

“Semangat tersebut direpresentasikan oleh GR xEV model Yaris Cross GR Parts HEV dan RAV4 GR Sport PHEV yang dipajang di IIMS 2024. Teknologi elektrifikasi yang disematkan pada kendaraan itu membuat kinerja mesin menjadi lebih efisien dan low emission. Mesin juga lebih powerful dan fun to drive berkat kolaborasi apik antara motor listrik dan mesin bensin,” tutur Anton.

Ekspansi aktivitas GR di Indonesia

Selain aktif mendorong TGRI dalam berpartisipasi di berbagai ajang motosport, TAM juga melakukan berbagai ekspansi terhadap GR agar brand ini menjadi lebih kenal di kalangan pencinta otomotif Tanah Air.

Salah satu upaya tersebut mereka tunjukkan dengan mengajak dealer resminya agar mau mendukung pelanggan yang ingin turun ke ajang lomba balap.

Kartikasari Motorsport adalah contoh tim balap yang berasal dari dealer Toyota Kartika Sari Malang. Tim ini turun di ajang slalom dan sprint rally nasional 2023 dengan mengandalkan Agya GR Sport.

Selain itu, TAM juga berencana mengadakan TGR GT Cup yang dibuka untuk semua orang. Event ini adalah ajang lomba balap yang dilakukan secara virtual.

Toyota akan memperbanyak kesempatan masyarakat untuk bisa ikut langsung dalam ajang e-motorsport sebagai bagian dari  komitmen untuk menghadirkan sustainable motorsport ecosystem.Dok. TAM Toyota akan memperbanyak kesempatan masyarakat untuk bisa ikut langsung dalam ajang e-motorsport sebagai bagian dari komitmen untuk menghadirkan sustainable motorsport ecosystem.

Bahkan, TAM akan memperbanyak kesempatan masyarakat untuk bisa ikut langsung dalam ajang e-motorsport yang diadakan di berbagai dealer Toyota di seluruh Indonesia.

Upaya tersebut merupakan bagian dari komitmen TAM dalam menghadirkan sustainable motorsport ecosystem.

Tak hanya itu, TAM melalui TGRI juga akan merangkul sebanyak-banyaknya pencinta motorsport dan GR enthusiast di Indonesia.

Sebagai contoh, saat ini, one-stop-community hub GR Garage yang berada di kawasan Pantai Indah Kapuk (PIK), Jakarta Utara, kerap memberikan kesempatan kepada pengguna GR Family agar dapat memodifikasi tampilan dan performa kendaraannya.

GR Garage juga menyediakan gathering space sebagai tempat berkumpulnya para penggemar balap dan sports car untuk menuangkan hobi motorsport.

Bahkan, GR Garage telah memiliki komunitas pengguna GR Pure bernama GR Enthusiast yang bernaung di bawah organisasi induk Toyota Owners Club (TOC).

Selain semua upaya tersebut, TAM juga akan melanjutkan program GR Tour yang menyasar pengunjung pusat perbelanjaan agar dapat menikmati excitement and joy of GR.

Program tur tersebut nantinya akan diisi dengan pameran dari sejumlah GR model dan kesempatan taxi drive bersama pembalap TGRI.

GR Zone sendiri kini tersedia di lebih dari 23 titik di seluruh Indonesia dan secara khusus disiapkan bagi para GR enthusiast untuk saling bertukar hobi di bidang motorsport.

Oli spesial untuk pengguna GR

Dukungan untuk segala aktivitas motorsport TGRI sebagai realisasi semangat GR brand secara konsisten terus diberikan oleh Toyota.

Terkini, TAM resmi meluncurkan oli resmi TMO TGRI yang baru untuk menggantikan TMO 0W-20 Full Synthetic Oil. Oli ini telah menemani perjuangan TGRI di sirkuit balap bersama dengan TMO TGRI Injector Cleaner Gasoline.

TMO TGRI Oil terbaru itu masih didukung dengan viskositas 0W-20, tapi telah dilengkapi dengan Synthetic Ester Technology untuk meningkatkan performa unggul dan menjaga daya tahan mesin mobil agar tetap aman meski dipaksa hingga batasnya.

Selain akan digunakan di arena balap, oli spesial dengan spesifikasi tinggi tersebut juga dapat digunakan oleh semua line-up GR di Indonesia.

Sedangkan TMO TGRI Injector Cleaner Gasoline dihadirkan untuk membantu pelanggan dalam menjaga efisiensi pembakaran pada mobil. Utamanya, usai digunakan dalam jangka waktu tertentu agar performanya tetap prima.

Menurut Hiroyuki, kedua hal tersebut menjadi bagian dari Total Mobility Solution yang ditawarkan Toyota untuk seluruh pelanggannya.

“Sebagai motorsport brand, aktivitas GR tidak hanya fokus pada balapan, tapi juga ekosistemnya. Visi Pushing the Limits for the Better merupakan penerapan lebih jauh dari continuous improvement yang kemudian menjadi dasar bagi seluruh proses pengembangan, baik untuk balapan, produk, maupun seluruh ekosistem pendukungnya,” tutur Hiroyuki.

Selain itu, lanjut Hiroyuki, GR saat ini juga berusaha untuk menepis stigma pandangan bahwa motorsport bertentangan dengan konsep ramah lingkungan.

Hal itu coba mereka tunjukkan dengan memberikan teknologi elektrifikasi dan energi terbarukan pada race car TGR.

“Teknologi tersebut ternyata sanggup meraih kemenangan di berbagai kompetisi balap global dan akhirnya kini diadopsi pada mobil harian GR family. Penerapannya tentu dengan tetap mengedepankan visi memberikan excitement dan joy of GR kepada semua orang, baik dari sisi sirkuit balap maupun dari balik kemudi GR model,” ucap Hiroyuki.

 


komentar di artikel lainnya
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com