Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perawatan Kaca Depan Mobil dari Jamur

Kompas.com - 24/02/2024, 15:51 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Daya pandang pengemudi tidak maksimal bila kaca depan tampak buram. Kaca depan kusam biasanya dipengaruhi banyaknya noda pada kaca mobil yang sulit dibersihkan.

Padahal, noda ataupun kotoran pada kaca pun pada umumnya mudah di bersihkan. Sebut saja noda bekas cipratan air hujan yang sangat mudah diseka dengan wiper plus siraman air bersih atau ritual cuci mobil sekalipun.

Baca juga: Royal Alloy Sidecar, Motor Sespan Rp 145 juta di IIMS 2024

Berkendara di saat hujanKompasOtomotif Berkendara di saat hujan

Roni Agung, Workshop Head Body & Paint Astra Peugeot Sunter, mengatakan, kalau noda pada kaca sulit dibersihkan meskipun sudah berkali-kali dicuci. Dapat dipastikan kalau kaca mobil sudah banyak dihinggapi jamur.

"Perlu penanganan khusus untuk menghilangkan jamur pada permukaan kaca,” kata Roni dalam keterangan resmi, Jumat (23/2/2024).

"Munculnya jamur pada kaca biasanya disebabkan oleh air dan tidak dikeringkan kemudian langsung terpapar terik panas matahari. Kadang hujan dan terik mempercepat proses jamuran," ujar Roni.

Baca juga: Jangan Abaikan Rpm Stasioner Mobil Terlalu Tinggi

Kap mobil Foto: Peugeot Kap mobil

Roni mengatakan, titik-titik air akan menguap dan meninggalkan kerak air. Selain itu proses pengeringan mobil tidak sempurna bisa juga menghadirkan jamur.

"Jika mengabaikan bekas noda, jamur kaca yang awal sedikit makin terlihat jelas juga tegas. Makanya biasakan cuci mobil dalam kondisi apapun, terutama area kaca mobil guna hindari noda," katanya.

"Gunakan sabun khusus dan langsung di lap kain bersih. Hindari matahari langsung terlalu sering agar noda bekas cucian tidak berbuah jamur," ujar Roni.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com