Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Intip Spesifikasi Innova Zenix yang Dapat Diskon di IIMS 2024

Kompas.com - 24/02/2024, 13:31 WIB
Selma Aulia,
Stanly Ravel

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Selama ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024, Toyota memberikan diskon untuk semua model Innova Zenix, baik konvensional maupun hybrid.

Diskon terbesar diberikan untuk Zenix model bensin tipe G dan V yakani Rp 30 juta selama IIMS 2024. Sementara Zenix Hybrid, potonganya hanya Rp 15 juta.

Namun, potongan harga ini hanya berlaku untuk model produksi tahun lalu, atau lebih tepatnya NIK 2023.

Baca juga: Diskon MPV buat Mudik di IIMS, Innova Zenix Rp 30 Juta dan Cortez Rp 80 Juta

Toyota Innova Zenix di IIMS 2024Kompas.com/Daafa Alhaqqy Toyota Innova Zenix di IIMS 2024

Perlu diketahui, mobil ini sudah menggunakan platform Toyota New Global Architecture (TNGA) GA-C karena Innova Zenix ada varian elekrifikasinya, Hybrid Electric Vehicle (HEV).

Sehingga dibutuhkan penyesuaian pada berbagai sektor seperti berat dan tingkat kenyamanannya.

Dengan penggunaan sasis monocoque, memungkinkan disematkannya teknologi advance terbaru seperti mesin 2,0L TNGA, generasi ke-5 Toyota Hybrid System, TSS, dan transmisi 10-speed Direct Shift CVT guna menghindari performa berkendara yang superior tapi konsumsi BBM tetap efisien.

Platform TNGA GA-C diklaim memberikan ruang bagi engineer Toyota untuk meningkatkan rigiditas bodi, memangkas berat mobil (170 kg dari model sebelumnya), serta mengurangi suara yang masuk dalam kabin.

Baca juga: Ide Usaha Cuci Kendaraan, Modal mulai Rp 800.000

Toyota Innova Zenix Hybrid. Dok. Kompas.com/Daafa Alhaqqy Toyota Innova Zenix Hybrid.

Innova Zenix Hybrid ini, menggunakan mesin TNGA 2.0L berkode M20A-FXS Dynamic Force Engine yang menghasilkan tenaga 152 PS atau 149 Tk pada 6.000 rpm dan torsi 19,1 Kgm pada 4.400-5.200 rpm.

Ketika melaju kinerja mesin 1.987 cc 4 silinder Dual VVT-i ini akan diperkuat oleh motor listrik berdaya 113 PS dan torsi 21 Kgm sehingga menghasilkan tenaga gabungan 186 PS pada sistem.

Baterai hybrid Ni-MH kini dikemas dalam paket yang kompak dan disimpan di bawah kedua jok depan tanpa mengurangi ruang di area kabin.

Untuk menjaga debu, terdapat filter pada tutup saluran udara pendingin baterai guna mencegah penurunan usia pakai baterai akibat peningkatan suhu.

Sementara, Innova Zenix bensin menggunakan mesin TNGA 2.0L berkode M20A-FKS Dynamic Force Engine yang efisien dan powerful.

Dapur pacu 1.987 cc 4 silinder Dual VVT-i ini menghasilkan tenaga 174 PS pada 6.600 rpm dan torsi 20,9 Kgm pada 4.500-4.900 rpm.

Baca juga: Cara Wuling Manjakan Pemilik BinguoEV

Selain itu, seluruh tipe Innova Zenix sudah tidak dibeli dengan pilihan transmisi manual, dan digantikan dengan transmisi CVT berkode K120 yang halus dan responsif.

Toyota Innova Zenix Hybrid 2.0 Q HV CVT TSS ModellistaDok. TAM Toyota Innova Zenix Hybrid 2.0 Q HV CVT TSS Modellista

Mode squential shiftmatic 10-speed diadopsi untuk memungkinkan perpindahan gigi seperti transmisi manual untuk meningkatkan kenikmatan berkendara.

Sistem ini memungkinkan perpindahan di semua gigi yang dipilih dengan menggerakkan tuas transmisi ke + atau – ketika tuas transmisi di posisi M.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com