Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berburu Diskon Mobil Listrik di IIMS 2024, Tembus Rp 25 Juta

Kompas.com - 22/02/2024, 07:02 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024 di JIExpo Kemayoran, Jakarta, menghadirkan banyak pilihan mobil listrik. Deretan mobil ramah lingkungan ini juga menawarkan diskon yang cukup menarik.

Para pengguna mobil listrik saat ini mendapatkan insentif dari pemerintah. Tak hanya itu, untuk pembelian di IIMS 2024, ternyata juga beberapa diler yang juga menambahkan diskon untuk mobil listrik.

Baca juga: Jaminan yang Didapat Saat Beli Mobil Listrik Mitsubishi L100 EV

Besaran diskon yang ditawarkan juga sangat beragam. Jumlahnya ada yang hanya jutaan rupiah, ada yang sampai belasan juta rupiah, tapi ada juga yang tembus puluhan juta rupiah.

Wuling Air ev LiteKompas.com/Nanda Wuling Air ev Lite

Pada booth Seres, ada satu model yang ditawarkan, yakni E1. Mobil listrik ini dibanderol mulai Rp 189 juta (OTR Jakarta) hingga Rp 219 juta (OTR Jakarta). Diskonnya tidak banyak, hanya Rp 5 juta.

"Perbedaannya hanya di jarak tempuhnya saja. Harga tersebut sudah termasuk subsidi (pemerintah). Untuk diskon, saat ini paling pengajuan saja, itu juga cuma Rp 5 juta. Bisa diterima, bisa juga ditolak," ujar salah satu wiraniaga di booth Seres, kepada Kompas.com, Rabu (22/2/2024).

Baca juga: Mobil Listrik Chery Omoda E5 Sudah Dites Ratusan Pengunjung IIMS 2024

Untuk Wuling, tersedia Air ev, Binguo EV, dan Cloud EV yang baru saja meluncur. Namun, untuk diskonnya, hanya diberikan pada Air ev. Disebutkan bahwa diskonnya bisa mencapai Rp 5 juta.

"Kalau yang itu (Air ev Lite), kita diskon bisa sampai Rp 5 juta. Jadi, harganya Rp 185 juta. Tersedia juga lucky dip," kata salah satu wiraniaga di booth Wuling.

MG4 EV buatan lokal di IIMS 2024KOMPAS.com/ JANLIKA PUTRI MG4 EV buatan lokal di IIMS 2024

Air ev Lite merupakan varian terendah dari Air ev dan dibanderol Rp 209 juta. Mobil listrik ini mendapatkan insentif karena diproduksi secara lokal hingga harganya menjadi Rp 190 juta.

Sedangkan Morris Garages (MG), saat ini memberikan diskon untuk mobil listriknya hingga Rp 10 juta. Tapi, hanya satu model saja yang mendapatkannya.

Sedan listrik BYD Seal dikerubuti pengunjung IIMS 2024Kompas.com/Donny Sedan listrik BYD Seal dikerubuti pengunjung IIMS 2024

"Kalau yang biru (New ZS EV), ini harganya Rp 453 juta. Tidak ada diskon. Tapi, kalau yang merah (MG4 EV) ada diskon Rp 10 juta, dari Rp 433 juta menjadi Rp 423 juta, untuk 3.000 pembeli pertama, khusus di IIMS 2024," ujar salah satu wiraniaga di booth MG.

Sedangkan untuk merek baru, seperti BYD, tidak memberikan diskon. Untuk diketahui, mobil listrik ini masih berstatus impor alias completely built up (CBU).

Baca juga: Tiga Mobil Baru Meluncur di IIMS 2024, Langsung Diskon

Pengunjung IIMS 2024 berebut mencoba mobil listrik display Hyundai Ioniq 5Kompas.com/Daafa Alhaqqy Pengunjung IIMS 2024 berebut mencoba mobil listrik display Hyundai Ioniq 5

"Tidak dapat diskon, karena masih built up. Beda dengan yang lain, kan sudah ada pabrik di sini," kata salah satu wiraniaga di booth BYD.

BYD menghadirkan tiga model, yakni Dolphin, Atto 3, dan Seal. Dolphin dibanderol Rp 425 juta (OTR Jakarta) dan Atto 3 harganya Rp 515 juta (OTR Jakarta). Sedangkan Seal, tersedia dua varian, yakni Premium dengan harga Rp 629 juta (OTR Jakarta) dan Performance seharga Rp 719 juta (OTR Jakarta).

Chery Omoda E5 dipamerkan pada IIMS 2024Kompas.com/Donny Chery Omoda E5 dipamerkan pada IIMS 2024

Diskon paling besar diberikan oleh Hyundai, untuk Ioniq 5. Mobil listrik tersebut sudah diproduksi secara lokal dan mendapatkan insentif juga dari pemerintah.

"Ioniq 5 dapat potongan PPN dari 11 persen menjadi 1 persen. Dapat diskon Rp 25 juta. Kalau Ioniq 6, diskonnya kecil, cuma Rp 15 jutaan," ujar salah satu wiraniaga di booth Hyundai.

Baca juga: 3.000 Pembeli Pertama MG4 EV, Dapat Potongan Harga dan Garansi Baterai

Mobil listrik BYD Dolphin di IIMS 2024Kompas.com/Donny Mobil listrik BYD Dolphin di IIMS 2024

Saat ini, Ioniq 5 dipasarkan mulai Rp 782 juta (OTR Jakarta) hingga Rp 990 juta (OTR Jakarta). Sementara Ioniq 6, dijual dengan harga Rp 1,22 miliar (OTR Jakarta).

Hadir pula Chery yang membawa Omoda E5. Mobil ini mendapatkan diskon Rp 10 juta, untuk 2.000 pembeli pertama. Harganya dari Rp 498,8 juta menjadi Rp 488,8 juta (OTR Jakarta). Selain itu, Chery juga memberikan benefit lainnya, seperti garansi seumur hidup, gratis asuransi, dan lainnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com