Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berawal Bikin Baterai, BYD Sukses Jualan Mobil Listrik

Kompas.com - 18/02/2024, 14:21 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Build Your Dreams (BYD) sebagai salah satu produsen mobil listrik di dunia memulai langkahnya dari memproduksi baterai. BYD kemudian berinovasi hingga membuat kendaraan ramah lingkungan yang sukses secara global.

Sejak berdiri pada 1995, BYD memang sudah dikenal sebagai salah satu pemain utama dalam industri baterai.

Keunggulan BYD dalam teknologi baterai telah terbukti melalui berbagai kemitraan strategis dengan merek-merek terkemuka di berbagai sektor industri.

Baca juga: Rahasia BYD, Pabrikan Otomotif China Bisa Mendunia

Dengan fokus awal pada produksi baterai, BYD terus melakukan pertumbuhan hingga menjadi salah satu produsen baterai terbesar di dunia. Beberapa merek kelas dunia menggunakan baterai dari pabrikan BYD.

Blade Battery yang diproduksi FinDreams, anak perusahaan BYD, di Chongqing.KOMPAS.com/Azwar F Blade Battery yang diproduksi FinDreams, anak perusahaan BYD, di Chongqing.

BYD terus berinovasi hingga berkembang menjadi produsen dari beberapa pokok produk yang salah satunya adalah BYD Auto, yang membuat kendaraan listrik dan komponen kendaraan listrik yang inovatif.

Liu Xueliang, General Manager BYD Asia-Pacific Auto Sales Division, mengatakan, BYD akan terus menjalin hubungan dengan konsumen dan menunjukkan bagaimana elektrifikasi dan kecerdasan terpadu dalam produk kendaraan listrik baru BYD.

Baca juga: BYD Tidak Ikut Kasih Garansi Seumur Hidup

"Sementara itu, kami akan mendengarkan kebutuhan nyata konsumen dan meletakkan dasar bagi inovasi teknologi kami di masa depan untuk memenuhi keinginan masyarakat Indonesia akan kehidupan yang lebih baik," ujar Liu, dalam keterangan resminya, belum lama ini.

BYD hadir pada pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024Dok. BYD BYD hadir pada pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024

Untuk diketahui, BYD tidak hanya memproduksi baterai dan mobil listrik. Tapi, produknya sudah menjangkau berbagai sektor, termasuk transportasi publik, truk listrik, kendaraan khusus, dan sistem new energy.

BYD mengeklaim bahwa pihaknya adalah produsen mobil pertama di dunia yang memiliki keahlian penuh dan kekayaan intelektual dalam tiga teknologi inti kendaraan listrik, yaitu baterai, motor listrik, dan elektronik.

Mobil listrik BYD Atto 3Kompas.com/Donny Mobil listrik BYD Atto 3

Dengan kemampuan ini, BYD bercita-cita untuk mencapai visinya sebagai perusahaan yang mengedepankan pembangunan ekosistem tanpa emisi. Maka itu, BYD mendedikasikan berbagai inovasi teknologi untuk menghasilkan solusi efektif bagi lingkungan yang lebih baik di masa depan.

Salah satu inovasinya adalah solusi energi baru yang menyeluruh. Inovasi ini diimplementasikan pada kendaraan listrik yang pada tahun 2023 berhasil menempatkan BYD sebagai produsen mobil listrik dunia.

Tes perdana jajal mobil listrik BYD Seal di Sirkuit Sentul, Bogor.Foto: KOMPAS.com/Adityo Wisnu Tes perdana jajal mobil listrik BYD Seal di Sirkuit Sentul, Bogor.

Selama 2023, penjualan New Energy Vehicle (NEV) BYD disebut berhasil menghasilkan pengurangan emisi karbon kumulatif sebesar 50.304 ton atau setara dengan penanaman lebih dari 840 juta pohon.

Pencapaian ini adalah hasil dari penjualan global yang melebihi 6.500.000 juta unit mobil, termasuk ekspor yang melampaui 240.000 unit ke 400 kota di lebih dari 70 negara dan wilayah di seluruh dunia.

BYD Atto 3 Foto: BYD BYD Atto 3

Liu mengatakan, BYD merasa terhormat dengan kepercayaan konsumen di seluruh dunia yang menjadikan produk-produk BYD sebagai bagian dari bentuk kepedulian mereka terhadap lingkungan.

"Kami akan terus konsisten mempromosikan transformasi ramah lingkungan melalui produk-produk otomotif kami dan menjadikannya bagian dari gaya hidup yang berkelanjutan,” kata Liu.

BYD juga sudah hadir di Indonesia melalui PT BYD Motor Indonesia. Perkenalan pertamanya ke publik dimulai dengan mengikuti pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024. Pada pameran otomotif tersebut, BYD langsung memasarkan tiga model andalannya, yakni Dolphin, Atto 3, dan Seal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com