Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini 4 Kelebihan Mobil Berteknologi Mesin Hybrid

Kompas.com - 20/02/2024, 12:42 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024 turut menampilkan deretan mobil hybrid. Termasuk juga dengan smart hybrid atau mild hybrid, full hybrid, dan plug-in hybrid.

Mobil hybrid yang ada di IIMS 2024 rata-rata dipasarkan oleh pabrikan Jepang, seperti Suzuki, Honda, Toyota, dan Nissan. Sementara non pabrikan Jepang, hanya ada Wuling.

Terlepas mobil hybrid menjadi konsern utama pabrikan Jepang dalam jualan mobil listrik di Indonesia pada era peralihan elektrifikasi, rupanya jenis mobil semi listrik ini memiliki banyak kelebihan. Berikut daftar kelebihan mobil hybrid (HEV).

Baca juga: Daftar Mobil Hybrid yang Hadir di IIMS 2024, Mulai Rp 273 Jutaan

PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) resmi meluncurkan varian baru dari Ertiga, yaitu All New Ertiga Hybrid Cruise di pameran IIMS 2024 (17/2/2024)KOMPAS.com/ DIO DANANJAYA PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) resmi meluncurkan varian baru dari Ertiga, yaitu All New Ertiga Hybrid Cruise di pameran IIMS 2024 (17/2/2024)

1. Irit bahan bakar

Mobil hybrid menggunakan dua sumber energi, yaitu baterai untuk menggerakkan dinamo dan BBM untuk menggerakan mesin bakar. Kedua sumber tenaga tersebut akan bekerja secara bergantian atau bersama-sama tergantung kebutuhan.

Pada kecepatan rendah, sistem cenderung menggunakan motor listrik bertenaga baterai untuk meningkatkan efisiensi dan menekan emisi. Pada saat kecepatan tinggi, sistem cenderung menggunakan kedua sumber energi, langkah ini akan membuat mobil cenderung lebih irit.

2. Bertenaga

Memiliki dua sumber tenaga yakni mesin berbahan bakar minyak dan motor listrik membuat performa kendaraan bertambah. Sehingga pada saat dibutuhkan kedua sumber tenaga tersebut bisa bekerja secara bersama-sama untuk mencapai kecepatan tertentu dalam waktu singkat.

Baca juga: Honda CR-V Hybrid Laris Dipilih Konsumen

Toyota Vellfire Hybrid meluncur di IIMS 2024KOMPAS.com/Gilang Satria Toyota Vellfire Hybrid meluncur di IIMS 2024

3. Mesin dan transmisi halus

Suara mesin kendaraan hybrid lebih halus dibandingkan dengan mesin mobil konvensional karena desainnya lebih presisi. Hal ini juga berkaitan dengan tujuan peningkatan efisiensi, agar mesin bisa menggunakan pelumas lebih encer.

Pada sistem pemindahan daya, mobil hybrid juga halus, karena menggunakan teknologi continuously variable transmission (CVT). Sehingga tidak ada jeda saat percepatan terjadi perubahan karena tidak lagi mengandalkan roda gigi melainkan dua buah puli dan sabuk baja..

4. Tidak perlu di-charge

Meski sudah dibekali baterai khusus untuk menggerakkan dinamo, mobil hybrid dapat melakukan pengisian daya secara mandiri saat dioperasikan, melalui pengereman regeneratif.

Baca juga: Honda CR-V Hybrid Laris Dipilih Konsumen

Honda All New Accord HEV di IIMS 2024Kompas.com/Donny Honda All New Accord HEV di IIMS 2024

Saat pengemudi melakukan deselerasi yakni melepas pedal gas atau menginjak pedal rem, peran motor listrik akan berubah sebagai generator untuk mengisi daya baterai dengan memanfaatkan sisa putaran saat mobil terdorong ke depan.

Sehingga, mobil hybrid bisa dibilang lebih cocok digunakan pada masa transisi era elektrifikasi ketika fasilitas dan sarana belum terpenuhi secara menyeluruh seperti ketersediaan SPKLU dan ekosistem baterai itu sendiri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com