Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Suzuki Tak Minat Kembali ke Segmen LCGC

Kompas.com - 19/02/2024, 16:21 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Suzuki Indonesia belum berminat kembali meramaikan pasar Low Cost Green Car (LCGC) usai menghentikan penjualan Karimun Wagon R pada tahun 2021 lalu.

Padahal produk tersebut merupakan salah satu LCGC yang pertama kali meramaikan segmen sejak 2013 bersama para pesaingnya, seperti Daihatsu Ayla, Toyota Agya, dan Honda Brio Satya.

Saat ini, hanya ada lima produk dari tiga pabrikan saja yang masih memasarkan mobil LCGC, yaitu Toyota Agya, Toyota Calya, Daihatsu Ayla, Daihatsu Sigra, dan Honda Brio Satya.

Baca juga: Baterai Motor Listrik IBC Bakal Meluncur Tahun Ini

Suzuki Karimun Wagon R Special EditionSIS Suzuki Karimun Wagon R Special Edition
 

Managing Director PT Suzuki Indomobil Motor (SIM) Shodiq Wicaksono menjelaskan, saat ini perusahaan lebih berfokus pada pengembangan kendaraan listrik yang lebih ramah lingkungan.

"Masa jual Karimun juga sudah panjang, makanya sekarang digantikan dengan S-Presso," kata dia saat ditemui di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Sabtu (16/2/2024).

"Pada saat itu kita juga sepakat untuk konsentrasi kepada elektrifikasi karena untuk mengembangkannya dan menjual hybrid butuh effort," lanjut Shodiq.

Meski demikian, ia mengatakan bahwa Karimun masih diproduksi tapi hanya memenuhi kebutuhan ekspor ke Pakistan dengan skema terurai alias Completely Knocked Down (CKD).

Baca juga: Harga Mobil di Bawah Rp 300 Juta di IIMS 2024

 

Ilustrasi Suzuki Karimun Wagon RDok. Otomotif Group Ilustrasi Suzuki Karimun Wagon R

"Kita tetap ekspor Karimun ke Pakistan, tapi memang volumenya tidak banyak karena kita tahu sendiri, di negaranya sekarang sedang sulit," ucap dia.

Adapun terkait pengganti Karimun dalam meramaikan pasar LCGC, ia masih belum bisa memastikan. Hanya saja untuk sekarang, pengganti Karimun hanyalah S-Presso yang masuk ke segmen city car murah.

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), Karimun Wagon R terakhir tercatat di Januari-November 2021 dengan penjualan 2.510 unit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com