Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Komunitas Sienta Apresiasi Toyota Soal Program Recall

Kompas.com - 13/02/2024, 19:31 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Toyota Sienta diumumkan termasuk ke dalam daftar mobil yang terkena recall belum lama ini. Komunitas pengguna Sienta ternyata malah memberikan apresiasi bagi Toyota atas pengumuman tersebut.

Berdasarkan keterangan resmi dari PT Toyota Astra Motor (TAM), Sienta yang terkena recall adalah tahun produksi Juni 2016 hingga April 2020. Disebutkan bahwa total Sienta yang terdampak pada periode produksi tersebut mencapai 39.238 unit.

Baca juga: Toyota Indonesia Recall Avanza, Veloz, Vios, Sienta, dan Yaris Cross

Permasalahannya adalah pada Front Garnish Pillar Clip, yang berada di pilar depan (pilar A) berpotensi mengalami kebocoran, karena performa sealer yang kurang maksimal.

Toyota Sienta Beyond 1.0 garapan National Modificator & Aftermarket Association (NMAA).Setyo Adi/Otomania.com Toyota Sienta Beyond 1.0 garapan National Modificator & Aftermarket Association (NMAA).

Nandang, Ketua Umum Toyota Sienta Club Indonesia (Tosca), mengatakan, sejauh ini teman-teman di komunitasnya belum ada keluhan. Tapi, tetap akan melakukan pengecekan ke bengkel untuk memastikan mobil baik-baik saja.

"Menurut saya, komitmen Toyota bagus. Walaupun Sienta sudah setop produksi, tapi mereka tetap memberikan perhatian terhadap produk Toyota," kata Nandang, saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Baca juga: Ada 300.000 Unit Lebih Mobil Toyota yang Kena Recall di Indonesia

Nugroho Ferry, anggota Tosca, juga memberikan komentar yang senada. Menurutnya, Toyota memiliki komitmen yang sangat baik.

All New Sienta Pop Up Playground Unlock Your Sunday Healty Living di Sumareccon Mall Bekasi.Aditya Maulana - Otomania All New Sienta Pop Up Playground Unlock Your Sunday Healty Living di Sumareccon Mall Bekasi.

"Mereka menyadari ada potensi kualitas yang kurang baik dan dilakukan perbaikan. Unit yang sudah lepas garansi dan cukup berumur, tetapi mereka jujur sekali untuk mengumumkan ini dan bertanggung jawab mengakui recall," ujar Ferry.

Perlu diingat, konsumen tinggal datang ke bengkel resmi Toyota untuk melakukan pengecekan dan perbaikan. Konsumen tidak akan dikenakan biaya alias gratis.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com