Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Detail Masalah pada 5 Mobil Toyota yang Kena Recall, Pemilik Wajib Tahu

Kompas.com - 13/02/2024, 18:51 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Toyota Astra Motor (TAM) kembali melakukan recall untuk perbaikan pada lima model sekaligus. Beberapa ada yang memiliki masalah yang sama, tapi ada juga yang punya permasalahan yang berbeda.

Kelima model yang terkena recall adalah Sienta, Avanza, Veloz, Vios, dan Yaris Cross. Namun, unit yang terkena recall hanyalah unit yang diproduksi pada periode tertentu saja.

Baca juga: Toyota Indonesia Recall Avanza, Veloz, Vios, Sienta, dan Yaris Cross

Berikut ini deretan mobil Toyota yang terkena recall dan detail masalahnya:

1. Toyota Sienta (perbaikan Front Garnish Pillar Clip)

Sunday Test Drive bersama All New Toyota Sienta dan Otomania.comOtomania/Setyo Adi Sunday Test Drive bersama All New Toyota Sienta dan Otomania.com

Pada pilar depan (pilar) Sienta, terdapat Front Garnish Pillar yang dipasangkan menggunakan klip dengan sealer khusus berbahan resin untuk menutup lubang klip.

Disebutkan bahwa daya tahan sealer tersebut kurang maksimal dalam menahan air. Seiring waktu, bagian tersebut akan mengalami kebocoran dan air akan dapat mengalir dari pilar depan ke dalam kotak sambungan listrik yang terletak di ruang kaki pengemudi.

Akibatnya, konektor pada kotak sambungan listrik dapat mengalami korsleting. Kondisi ini bisa membuat pengoperasian kelistrikan, seperti kunci pintu, sistem, navigasi, dan lainnya, menjadi tidak tepat. Selain itu, pintu gesernya juga dapat terbuka tiba-tiba saat berkendara dalam kecepatan berapa pun.

Baca juga: Tak Hanya Toyota, Daihatsu Juga Umumkan Recall Xenia di Indonesia

Toyota akan memperbaiki komponen tersebut dan melakukan pengecekan apakah sudah terjadi kebocoran. Durasi pengerjaan sekitar 2 jam hingga 3 jam, di luar menunggu antrean dan proses administrasi.

2. Toyota Avanza dan Veloz (Front Door Side Impact Beam)

Toyota All New VelozDok. TAM Toyota All New Veloz

Fitur Side Door Beam di seluruh pintu samping berfungsi untuk melindungi pengemudi dan penumpang dari risiko cedera saat ditabrak mobil lain dari samping.

Disebutkan bahwa proses pengelasan Side Door Beam sisi depan sebelah kanan atau posisi pengemudi ternyata kurang sempurna.

Kalau Avanza maupun Veloz terus digunakan dalam kondisi tersebut, bagian las dari Front Door Side Impact Beam dapat lepas saat terjadi benturan dari samping.

Dalam kasus terburuk, ada potensi bagian tersebut tidak berfungsi sebagaimana mestinya.

Toyota akan melakukan penambahan bracket penguat dan titik las pada Side Door Impact Beam pintu depan kanan. Pengerjaan di bengkel resmi Toyota ini memakan waktu sekitar 3 jam hingga 4 jam, di luar menugngu antrean dan proses administrasi.

3. Toyota Avanza, Veloz, Vios, dan Yaris Cross (Front Shock Absorber Nut)

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com