Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

MotoGP Mau Tambah Fitur Keselamatan di Motor

Kompas.com - 03/02/2024, 09:42 WIB
Gilang Satria,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

Sumber Crash.net

JAKARTA, KOMPAS.com - MotoGP berusaha untuk meningkatkan keselamatan pebalap. Salah satu caranya yaitu dengan menerapkan lampu keselamatan terpadu yang ditempatkan di bagian belakang motor.

Sistem lampu belakang ini masih dalam tahap kajian tapi ke depan bakal diaplikasikan jadi wajib. Sebab, regulasi sudah tertuang dalam Peraturan teknis 2024 yang diperbarui untuk Lampu Pengaman (belakang).

Baca juga: Pakai Mobil Listrik, Tidak Perlu Setiap Hari Isi Daya

Sebelumnya lampu belakang di MotoGP hanya aktif dipakai saat kondisi hujan atau jarak pandang rendah. Namun, dengan adanya revisi tersebut dikembangkan untuk dioperasikan saat pebalap mengalami kecelakaan.

Balapan terakhir Marc Marquez dengan Repsol Honda pada MotoGP Valencia 2023Dok. HRC Balapan terakhir Marc Marquez dengan Repsol Honda pada MotoGP Valencia 2023

Lampu belakang ini akan aktif dengan cara berkedip pada saat pebalap terjatuh. Selain lampu berkedip, sistem yang ada juga akan mengirimkan peringatan kecelakaan ke Race Direction atau pimpinan  balap.

Tahap kedua kata Crash.net, jika ada pebalap terjatuh maka lampu peringatan tersebut juga akan menyala di semua motor pebalap lain untuk memicu berkibarnya bendera atau layar kuning di tepi lintasan.

Belum ada konfirmasi dari FIM atau Dorna Sport mengenai peraturan lampu belakang ini. Namun jika benar maka diprediksi bisa memberikan pengaruh signifikan soal keselamatan pebalap di lintasan.

Baca juga: Ini Jenis Motor Listrik yang Baterainya Hampir Mustahil Dicuri

Crash melansir, teknologi baru ini bisa berguna seperti kecelakaan yang terjadi pada Francesco Bagnaia di Catalunya, Spanyol. Saat itu Bagnaia mengalami high side di tengah lintasan.

Lampu belakang motor MotoGP saat hujan.Foto: Motorsport.com Lampu belakang motor MotoGP saat hujan.

Peraturan lampu keselamatan:

“Semua sepeda motor harus memiliki lampu MotoGP terpadu yang dipasang di bagian belakang agar dapat dioperasikan dari jarak jauh oleh Race Direction saat hujan atau kondisi jarak pandang rendah, atau secara otomatis dinyalakan/dimatikan oleh sistem deteksi/alarm kecelakaan dari penyelenggara,"

“Lampu terpadu MotoGP harus disambungkan sesuai instruksi penyelenggara, sehingga juga dapat dinyalakan/dimatikan secara manual dengan tombol manual yang akan mengesampingkan pengoperasian jarak jauh/otomatis oleh Race Direction. Tombol pengesampingan manual tersebut harus ditempatkan dalam jangkauan pengendara saat berkendara.”

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com