Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bus Tingkat Ini Punya Kapasitas 100 Penumpang

Kompas.com - 05/02/2024, 09:42 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com -  Kendati bukan hal yang baru di industri otomotif, namun tren bus tingkat atau double decker saat ini terus bekembang. Bahkan, desain bus kian canggih dan sejumlah merek kian meningkatkan teknologi pada sasis untuk menunjang kebutuhan bus tingkat. 

Keunggulan dari bus tingkat yakni punya kapasitas yang lebih banyak, bahkan membuat kendaraan jadi lebih premium.

Desain bus tingkat kini juga kian bersaing ketat di berbagai negara, misalnya Van Hool yang pada 2023 lalu meluncurkan bus tingkat dengan kapasitas 100 kursi. 

Baca juga: Tips Pilih Helm buat Pemula, Baiknya Model Full Face atau Open Face?

Van Hool merupakan produsen bus di Koningshooikt, Belgia, yang didirikan pada 1947. Produk bus dari perusahaan tersebut menyasar pasar Eropa dan Amerika Utara.

Van Hool memberi nama TDX27 Astromega pada bus tingkat dengan kapasitas 100 orang tersebut. Adapun perusahaan yang telah membeli bus tersebut adalah MG Cars sebagai transportasi antar-jemput sekolah internasional di Brussel, Belgia.

Bus kapasitas 100 orangVan Hool Bus kapasitas 100 orang

Baca juga: Lakukan Ini kalau Mobil Mengalami Rem Blong

Dikutip dari laman vanhool.com, bus tingkat itu terdiri 98 kursi penumpang, 1 kursi pemandu dan 1 kursi pengemudi. Desain bus ini menjadi terobosan agar kendaraan bisa mengangkut penumpang lebih banyak tanpa mengurangi kenyamanan.

Maka dari itu desain kabin bus di klaim tetap nyaman dengan ruang kabin yang lapang untuk tempat duduk dan kaki.

Ditambah lagi, dengan daya angkut yang penumpang lebih banyak akan membantu mengatasi kekurangan supir bus di sektor ini. Selain itu bus ini juga dipercaya dapat meminimalisir jumlah kendaraan antar jemput anak sekolah sehingga memberikan keuntungan ekonomi berkat konsumsi solar yang lebih sedikit.  

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com