Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cuma Bagian Ini yang Tersisa dari Honda Vario 160 di Stylo 160

Kompas.com - 03/02/2024, 13:02 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Astra Honda Motor (AHM) akhirnya meluncurkan Stylo 160, motor barunya yang punya gaya klasik dengan performa tinggi. Secara tampilan, Stylo 160 ini memang benar-benar baru secara desain, bukan dari motor yang lama.

Hanya saja, kalau diteliti, Stylo ini memakai basis Vario 160 yang ada di Indonesia. Walau tampilannya begitu berbeda, terdapat dua hal yang masih sama di Vario160 dan ada di Stylo 160, yakni pada bagian mesin dan rangka.

Takoru Nakamura 2024 Stylo Large Project Leader Honda Motor Co. Ltd mengatakan, soal mesin memang mengambil basis yang sama dari Vario 160, cuma ada beberapa setelan yang berbeda.

Baca juga: Ulas Perbedaan All New Honda Stylo 160 CBS dan ABS


"Terkait mesin, pada dasarnya sama dengan Vario 160 tetapi ada beberapa hal yang kami adjust untuk menyesuaikan juga dengan frame yang dipakai di Stylo," kata Nakamura saat acara peluncuran, Jumat (2/2/2024).

Selain itu, pilihan mesin yang 160cc itu masih dirasa pas karena tetap bisa mencatatkan konsumsi BBM yang hemat. Klaim dari Honda, Stylo 160 bisa mencatat 45 km per liter, jadi tidak memilih mesin lain.

Lalu, persamaan dengan Vario 160 adalah rangkanya yang eSAF. Cuma, Nakamura bilang bahwa rangka yang dipakai itu merupakan penyempurnaan dari yang ada di Vario, jadi sedikit berbeda.

Baca juga: Suzuki Sambut Kehadiran Xpander dan Xpander Cross Hybrid di Indonesia

Honda Stylo 160KOMPAS.com/ADITYO Honda Stylo 160

Sebenarnya kalau diperhatikan, dari suspensi depan dan belakang cukup mirip antara Stylo 160 dan Vario 160. Namun, ketika hal itu ditanyakan ke Nakamura, setelannya berbeda.

"Suspensi depan dan belakang kami sesuaikan karena ukuran ban dan pelek yang berbeda (dari Vario 160). Hasilnya wheelbase pun 2 mm-3 mm lebih pendek," kata Nakamura.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com