Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mesin Tidak Selalu Menyala, Bagaimana Jadwal Ganti Oli Mobil Hybrid?

Kompas.com - 01/02/2024, 09:22 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Mobil hybrid masih mengandalkan mesin pembakaran internal, tapi dipadukan dengan motor listrik. Jadi, mesinnya tidak selalu menyala, karena bisa bergantian dengan motor listriknya. Lalu, bagaimana dengan jadwal servis atau ganti olinya?

Pada mesin pembakaran internal atau mesin konvensional, oli mesin diganti berdasarkan perhitungan jarak atau waktu. Tergantung mana yang dicapai lebih dulu.

Baca juga: 10 Mobil Hybrid Terlaris Indonesia 2023, Innova Zenix Mendominasi

Pada mobil konvensional, untuk penggunaan di dalam kota, jarak tempuhnya lebih sedikit dibandingkan yang sering bepergian ke luar kota. Namun, dengan adanya kemacetan dan kondisi jalan yang stop and go, membuat mesin jadi lebih lama bekerja.

Toyota Innova Zenix Hybrid 2.0 Q HV CVT TSS ModellistaDok. TAM Toyota Innova Zenix Hybrid 2.0 Q HV CVT TSS Modellista

Sementara, pada mobil hybrid, khususnya mobil yang menggunakan teknologi hybrid sepenuhnya atau plug-in hybrid, mesin konvensional relatif lebih jarang menyala ketika dalam kondisi macet.

Saat kondisi macet, dengan kondisi stop and go, motor listrik yang akan bekerja. Lalu, ketika kapasitas baterai sudah menipis, mesin konvensional akan kembali menyala untuk melakukan pengecasan. Tapi, untuk plug-in hybrid, pengecasan harus dilakukan dengan dicolok ke alat pengecasan.

Baca juga: Pilihan Mobil Hybrid Awal 2024, mulai Rp 273 Jutaan

Meski demikian, Service Manager Auto2000 Yuly Kridiawan, mengatakan, tidak ada perbedaan jadwal servis atau interval pergantian oli mesin antara mobil hybrid dengan mobil konvensional.

mesin hybrid milik Toyota Camry mesin hybrid milik Toyota Camry

"Kendaraan hybrid untuk penggantian oli mesin sama dengan yang non hybrid, yaitu 10.000 Km atau 6 bulan, mana yang tercapai lebih dulu," ujar Yuly, saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Hal senada dikatakan oleh Denny Sulistyo, Kepala Bengkel Honda Jakarta Center. Dia mengatakan, untuk mobil hybrid Honda (All New CR-V e:HEV) yang ada saat ini, perawatannya masih sama dengan mobil konvensional non turbo.

Ganti oli mesin Innova Community Ganti oli mesin

"Jadi, untuk penggantian oli mesinnya setiap 10.000 Km atau 6 bulan, mana yang tercapai lebih dahulu," kata Denny.

Denny menambahkan, untuk olinya disarakan menggunakan 0W-20. Penggunaan jenis oli mesin juga sama antara mobil hybrid dengan mobil non hybrid.

Untuk diketahui, saat ini Toyota sudah meluncurkan banyak mobil hybrid, seperti Kijang Innova Zenix HEV, RAV4 GR Sport PHEV, Yaris Cross HEV, Corolla Cross HEV, Corolla Altis HEV, dan Camry HEV. Sementara Honda, baru memiliki satu model, yakni All New CR-V e:HEV.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com