Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bocoran Spesifikasi Mobil Listrik BMW iX1, Meluncur Sebentar Lagi

Kompas.com - 31/01/2024, 15:21 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - BMW Indonesia mengumumkan akan meluncurkan sport activity vehicle (SAV) listrik terbaru pada 2 Februari 2024.

Seremoni ini akan dilakukan di Jakarta Selatan. Dalam undangan tersebut tertulis bahwa BMW akan meluncurkan dua kendaraan SAV full-listrik.

“Peluncuran dua kendaraan SAV full-listrik yang ditekankan tema tahun ini All-Electric Luxury dan berikan keserbagunaan SAV yang ramah lingkungan,” tulis undangan tersebut.

Meski masih menjadi tanda tanya, namun kuat dugaan mobil baru yang akan diluncurkan adalah BMW iX1 atau versi listrik dari The X1 yang belum lama ini diluncurkan oleh BMW Indonesia.

Baca juga: Jakarta Mulai Banjir, Mobil Listrik Aman Buat Terobos Genangan Air?

Hal ini diperkuat dengan keterangan tenaga penjual BMW, disebutkan bahwa pabrikan asal Jerman itu siap meluncurkan mobil listrik entry level dalam waktu dekat.

“Betul, ada iX1 yang sebentar lagi meluncur. Estimasi harganya Rp 1,5 miliar,” kata tenaga penjual BMW kepada Kompas.com, Rabu (31/1/2024).

Bicara soal iX1, mobil listrik entry level dari BMW ini memiliki tampilan yang serupa dengan The X1 yang belum lama ini meluncur di Jakarta.

Secara garis besar, fascia depan iX1 masih didominasi dengan double kidney grill BMW. Hanya saja untuk varian listrik ini diberikan sedikit aksen biru pada bagian grill dan bumper.

iX1 juga akan mendapatkan pelek baru serta lampu belakang yang didesain ulang, sehingga terlihat lebih agresif.

BMW iX1caranddriver.com BMW iX1

Sementara di bagian interior, iX1 tampil sporty dengan nuansa serba hitam, namun tetap menyajikan nuansa mewah.

Panel instrumen dibuat lebih ramping dengan kelengkapan BMW Curved Display terdiri dari layar full digital MID dan head unit yang berukuran 10,7 inci.

Bicara soal jantung pacu, mobil ini akan menggunakan motor listrik ganda yang mampu menghasilkan tenaga 313 bhp dan torsi puncak 494 Nm. Kapasitas baterai litium-ionnya memiliki daya 64,7kWh yang bisa memberikan jarak tempuh hingga 438 Km.

Dengan pengisi daya standar, dibutuhkan waktu sekitar 6,5 jam untuk mengisi penuh daya kendaraan, sedangkan dengan pengisi daya cepat 13 0kW, daya baterai dapat terisi dari 10 hingga 80 persen dalam waktu kurang dari 30 menit.

Baca juga: Menakar Biaya Perawatan Honda CR-V RS Hybrid hingga 100.000 Km?

Mobil ini juga akan mendapat teknologi dan fitur keamanan yang cukup mumpuni. iX1 sudah dibekali fitur ADAS yang terdiri dari blind-spot monitoring, adaptive cruise control, pengereman darurat otomatis, peringatan lajur, lane departure warning, lane keep assist, rear cross traffic alert, dan lain-lain.

Tak hanya itu, iX1 juga sudah dibekali dengan 7 airbag standar, ABS dengan EBD, ambient lighting, 3-zone climate control, ventilated seats with massage functions, panoramic sunroof, rear AC vents, rear mobile charger, hingga wireless charging.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com