Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Impresi Awal Coba Suzuki Burgman Street 125EX

Kompas.com - 30/01/2024, 09:02 WIB
Dio Dananjaya,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Setelah meluncur pada ajang IMOS 2023, redaksi Kompas.com akhirnya bisa menjajal Suzuki Burgman Street 125EX secara langsung. Meskipun area pengetesan terbatas, tapi rasa berkendara motor ini sedikit demi sedikit mulai terungkap.

Ketika berada di balik kemudi Burgman Street 125EX, posisi duduk motor ini terasa berbeda dibandingkan skutik Suzuki lain.

Mungkin ini jadi satu-satunya produk Suzuki yang bergaya seperti skutik gambot, meskipun mengusung dapur pacu kapasitas kecil.

Baca juga: Video Detik-detik Bus PO Shantika Terjun Bebas di Jalan Tol

Suzuki Burgman Street 125EXKOMPAS.com/DIO DANANJAYA Suzuki Burgman Street 125EX

Dengan setang yang tinggi, jok lebar, dan posisi kaki santai bisa selonjor, membuat pengendara bakal betah berlama-lama mengendarai motor ini.

Bagi pengendara berprofil 162 cm, duduk di jok setinggi 780 mm memang masih perlu sedikit jinjit, tapi tidak mengurangi kenyamanan secara keseluruhan.

Ketika distarter suaranya senyap, tak ada lagi bunyi gemeretak karena motor ini sudah mengusung teknologi Engine Auto Stop-Start atau yang disingkat EASS.

Baca juga: Pemilik Avanza Jangan Lakukan Ini jika Ingin Transmisi Matik Awet

Secara figur tenaga, Burgman Street 125EX bukan yang paling superior. Berdasarkan spek di atas kertas, mesin ini mampu menghasilkan 8,6 Tk pada 6.500 rpm dan torsi 10 Nm pada 5.500 rpm.

Saat dicoba berakselerasi, mesin terasa halus dan bertenaga, tanpa getaran berlebih. Namun karena area pengetesan yang terbatas, kami tidak bisa mencoba kecepatan maksimal motor ini.

Dengan jarak sumbu roda 1.290 mm dan roda ukuran 12 inci, pengendaliannya juga terbilang gesit dan lincah. Tampaknya motor ini bakal fleksibel dan memiliki fungsionalitas tinggi buat harian.

Baca juga: Percuma Bikin Pelat Dewa Palsu, Tetap Kena Ganjil Genap

Suzuki Burgman Street 125 EXDok. SIS Suzuki Burgman Street 125 EX

Burgman Street 125EX dilengkapi dengan teknologi Suzuki Eco Performance Alpha, di mana keunggulannya ada di konsumsi BBM yang diklaim mencapai 58,6 Km per liter.

Meski begitu, redaksi masih harus melakukan pengetesan dalam jangka waktu lebih lama untuk mengetahui keiritan Burgman Street 125EX di kondisi yang lebih nyata.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com