Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Serupa tapi Tak Sama, Ini Bedanya Honda CR-V Turbo dan Hybrid

Kompas.com - 29/01/2024, 14:31 WIB
Stanly Ravel

Editor

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Mengusung tema “Ahead in Perfection”, PT Honda Prospect motor (HPM) akhirnya resmi meluncurkan generasi baru CR-V di Indonesia pada 2023 lalu.

Mobil yang bermain di segmen sport utility vehicle (SUV) ini, juga langsung mendapat penerimaan positif dengan jumlah pemesanan yang membeludak.

Honda meluncurkan generasi keenam CR-V dalam dua pilihan varian, yakni 1.500 cc turbo dan mesin bensin 2.000 cc hybrid.

Baca juga: Video Viral Sunroof Bocor Saat Hujan, Begini Cara Benar Merawatnya

Sekilas keduanya tampak serupa, namun bila didetailkan ada banyak perbedaan selain dari sisi teknologi serta kapasitas mesin yang tentunya berpengaruh pada tenaga dan torsi yang dihasilkan.

All New Honda CR-V TurboKompas.com/Nanda All New Honda CR-V Turbo

Dari eksterior, perbedaan paling signifikan bisa dilihat dari emblem RS yang hanya diaplikasi untuk tipe e:HEV atau Hybrid.

Karena itu, meski terlihat serupa atau seperti pinang dibelah dua, tapi versi tertinggi punya aura yang lebih premium dan sporty.

Varian RS menggunakan perangkat aerokit senada dengan warna bodi yang membuat terlihat solid serta tambahan active shutter grill. Sedangkan tipe Turbo, aerokitnya mengaplikasi kelir hitam.

Baca juga: Sensasi Premium Kabin Honda CR-V RS Hybrid

Honda CR-V HybridKOMPAS.com/STANLY RAVEL Honda CR-V Hybrid

Meski keduanya sama-sama memiliki karakter yang agresif serta tampilan mewah dengan pencahayaan full LED, panoramic sunroof, dan lainnya, tapi untuk roof rail ternyata hanya disematkan pada CR-V RS Hybrid.

Selain itu, pada CR-V versi tertinggi juga sudah ada tambahan fitur active cornering light untuk membantu visibilitas saat menikung, adaptive driving beam, juga fog lamp di bagian belakang.

Baca juga: Ajak Jalan All New Honda CR-V Turbo Jakarta ke Ciwidey

Interior Honda CR-V RS HybridKOMPAS.com/STANLY RAVEL Interior Honda CR-V RS Hybrid

Dari segi dimensi tak ada perbedaan, tapi untuk kapasitas versi turbo mampu mengakomodir penumpang lebih banyak, yakni 7 orang.

Sementara tipe hybrid, hanya bisa diisi lima penumpang karena baris ketiga dijadikan ruang untuk baterai.

Baik CR-V Hybrid atau Turbo sama-sama dibekali teknologi Honda Sensing yang punya ragam fitur keselamatan dan asistensi saat berkendara. Bedanya, untuk hybrid punya tiga pilihan mode berkendara, yakni ECON, Sport, dan Normal, plus hadirnya head-up display.

Honda CR-V HybridKOMPAS.com/STANLY RAVEL Honda CR-V Hybrid

Menariknya lagi, karena menjadi versi tertinggi dengan harga Rp 814,4 juta on the road (OTR) Jakarta, sistem audio CR-V Hybrid sudah didukung 12-speaker Bose.

Baca juga: Ulik Desain CR-V Hybrid, Kental Aura Premium

Selanjutnya soal tenaga, sudah jelas versi CR-V RS Hybrid dengan mesin berkapasitas bensin 4-silinder 1.993 cc i-VTEC punya power lebih besar, yaitu 205 Tk dan torsi 335 Nm yang ditransfer melalui transmisi E-CVT. Tak heran kompresi juga lebih padat.

All New Honda CR-V e:HEV alias All New CR-V HybridKompas.com/Adityo All New Honda CR-V e:HEV alias All New CR-V Hybrid

Untuk versi CR-V Turbo dengan mesin berkapasitas 1.500 cc, tenaga yang dihasilkan sekitar 187 Tk dan torsi sebesar 240 Nm pada 1.700 hingga 5.000 rpm.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com