Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Video Viral Sunroof Bocor Saat Hujan, Begini Cara Benar Merawatnya

Kompas.com - 29/01/2024, 06:42 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sunroof pada mobil penting untuk dijaga dan dirawat. Sebab, jika perangkat ini sampai bocor, tentu akan menyulitkan saat berkendara.

Contohnya, seperti pada video viral di media sosial yang diunggah oleh akun Instagram @mobilgue. Dalam video tersebut, terlihat pengemudi harus mengemudikan mobil sambil memegang kantong plastik untuk menadahi air hujan yang masuk ke kabin karena sunroof bocor.

Baca juga: Plus Minus Sunroof dan Moonroof, Mana Lebih Baik?

Avudt, penggawa Cibubur Auto Custom, mengatakan, bagi mobil yang sudah dilengkapi dengan sunroof, minimal harus dibersihkan talang airnya. Bagian yang ada list karet pada sisi kiri dan kanan dibuka, lalu dibersihkan.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by MOBILGUE (@mobilgue)

"Satu tahun sekali dibersihkan jalur pembuangan airnya. Caranya, bisa juga dengan disemprot angin kompresor," kata Avudt, saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Avudt mengatakan, perawatan tersebut bisa dilakukan sendiri. Jangan sampai menunggu hingga sunroof bocor.

Baca juga: Tips Merawat Sunroof Mobil Saat Musim Hujan

Avudt menambahkan, dirinya menduga mobil yang dikendarai pada video tersebut adalah Toyota Harrier. Sebab, mobil tersebut tidak ada jalur pembuangan air. Khususnya, untuk produksi antara 2005 hingga 2008.

"Jadi, hanya mengandalkan sealant di rangka sunroof. Kalau sudah korosi, biasanya pasti bocor. Apalagi, jika usia mobil sudah di atas sepuluh tahun," ujar Avudt.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com