Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sering Terlupakan, Sunroof Mobil Juga Butuh Perawatan

Kompas.com - 23/09/2023, 08:02 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Tidak hanya mobil mewah, tapi sekarang ini sunroof banyak disematkan pada beragam jenis mobil. Sayangnya, perangkat kaca ini sering kali terlupakan, karena jarang digunakan. Padahal, butuh juga perawatan.

Dengan lokasinya yang berada di atap mobil, sunroof selalu terpapar sinar matahari dan hujan. Untuk itu, pemilik kendaraan harus merawatnya agar tidak terjagi kebocoran.

Baca juga: Semua Mobil Bisa Punya Sunroof, Siapkan Bujet Rp 15 Jutaan

Avudt, pemilik bengkel spesialis sunroof dan moonroof Cibubur Auto Custom, mengatakan, penyebab sunroof, moonroof, atau panoramic sunroof, mengalami kebocoran pada dasarnya karena jalur pembuangan air yang tersumbat.

Sunroof All New Subaru Forester S-EyeSightKompas.com/Donny Sunroof All New Subaru Forester S-EyeSight

"Kalau untuk perawatan sunroof, yang paling utama sih dijaga kebersihan jalur airnya. Sebab, kalau sunroof OEM itu sudah punya talang air sendiri," ujar Avudt, kepada Kompas.com, saat ditemui di bengkelnya, belum lama ini.

Avudt menambahkan, dengan adanya talang air tersebut, ketika airnya masuk, maka langsung dialirkan ke talang dan nanti ada selang pembuangannya.

Baca juga: Ketahui Perbedaan Sunroof, Moonroof, dan Panoramic Roof

"Terkecuali untuk yang model aftermarket, dia tidak ada talang airnya. Kalau kita di sini semua pakainya yang OEM. Jadi, ada talang air dan jalur pembuangan airnya," kata Avudt.

Sunroof menjadi salah satu fitur unggulan Trax dibandingkan dengan kompetitor.KompasOtomotif-Stanly Ravel Sunroof menjadi salah satu fitur unggulan Trax dibandingkan dengan kompetitor.

Selain jalur air, menurut Avudt, perawatan perlu dilakukan juga pada jalur relnya. Untuk di relnya, membutuhkan pelumas, bisa pakai grease (gemuk).

"Paling setahun sekali dicek pelumasnya. Sebenarnya, selagi talang airnya tidak mampat, maka tidak akan bocor," ujarnya.

Sunroof Kia SeltosKompas.com/ApridaMegaNanda Sunroof Kia Seltos

Avudt menambahkan, sunroof juga ada pantangannya. Kalau cuci mobil, dia menyarankan untuk tidak dimasukkan ke pencucian mobil otomatis yang ada tekanan air dari atas atau istilahnya 'cuci robot'.

"Sebaiknya sih jangan dicuci seperti itu, soalnya kan tekanannya tinggi," kata Avudt.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com