Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yamaha Mulai Uji Coba Mesin Hidrogen di Kendaraan Golf

Kompas.com - 28/01/2024, 17:51 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Memasuki tahun 2024, Yamaha telah memperkenalkan kendaraan konsep bertenaga hidrogen pertamanya. Pada Pameran Asosiasi Pegolf Profesional (PGA) 2024 di Florida, AS, perusahaan tersebut memamerkan konsep Drive H2.

Dilansir dari Ride Apart (28/1/2024), untuk menjalankan kendaraan golf tersebut terdapat dua tangki hidrogen bertekanan tinggi, yang masing-masing dapat menampung 25 liter bahan bakar.

Tangki yang paling terlihat terletak di bagian belakang kendaraan, sedangkan tangki lainnya berada di bawah jok pengemudi.

Baca juga: Belum Lama Diumumkan, Pelat Nomor Dewa Baru Sudah Ada yang Palsukan

Yamaha kembangkan mesin hidrogen pada kendaraan golfDok. Ride Apart Yamaha kembangkan mesin hidrogen pada kendaraan golf

Untuk diketahui, pengembangan mesin hidrogen ini didasarkan pada mobil golf pribadi Drive2 Concierge 4 yang sudah dijual oleh anak perusahaan Yamaha Motor Corporation, Yamaha Golf-Car Company.

Yamaha kabarnya menyatakan minatnya untuk menjajaki kemungkinan penggunaan tenaga hidrogen pada lebih banyak kendaraan, daripada sekadar mobil golf berkecepatan rendah.

Selain Yamaha, sejauh ini baru Kawasaki dan Suzuki yang merupakan dua perusahaan roda dua yang telah memperkenalkan kendaraan konsep bertenaga hidrogen.

Baca juga: PO Sugeng Rahayu Tambah 2 Bus, Pakai Bodi Jetbus 5 MHD

Sebagai informasi, Yamaha sebelumnya terpantau sudah bereksperimen dengan hidrogen sebagai bahan bakar alternatif dalam beberapa tahun terakhir.

Pada Januari 2022, Yamaha mengumumkan rencana untuk bekerja sama dengan Kawasaki dalam pengembangan mesin hidrogen.

Kemudian, sebulan kemudian, Yamaha diketahui mengerjakan mesin hidrogen V8 5 liter dengan Toyota.

Pada Juli 2023, presiden Yamaha Yoshihiro Hidaka menegaskan kembali komitmen perusahaan untuk menjajaki pengembangan hidrogen sebagai sumber bahan bakar alternatif yang layak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com