Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aksi Maling Pecahkan Kaca Mobil Gasak Uang Ratusan Juta Rupiah, Tak Sampai 1 Menit

Kompas.com - 24/01/2024, 14:54 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Kejahatan maling mobil dengan memecahkan kaca masih cukup sering terjadi. Salah satunya terjadi di Cibubur, Jakarta Timur, di mana maling berhasil menggasak uang ratusan juta rupiah dalam.

Dalam video yang diunggah akun Instagram, kabarcibubur24jam, kejadian berawal usai korban mengambil uang di bank dan mampir ke salah satu toko roti, pada Senin (22/1/2024) sekitar pukul 15.19 WIB.

Baca juga: BYD Targetkan Bangun 50 Jaringan Diler Tahun Ini

Komplotan maling diduga sudah mengincar korban kemudian melancarkan aksinya secara berkelompok. Ada yang mengalihkan perhatian tukang parkir, kemudian menjaga situasi, eksekutor dan sopir yang menjemput.

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Kabar Cibubur 24 Jam (@kabarcibubur24jam)

Dalam video tersebut terlihat sang eksekutor memecahkan kaca mobil bagian belakang samping kanan kemudian mengambil barang yang diduga sebagai uang tunai. Dia beraksi hanya dalam hitungan detik, bahkan tak sampai satu menit.

"Kejadian naas di alami oleh seseorang ketika dia hendak dari Bank untuk mengambil uang dan setelah itu mampir ke Holland Bakery yang terletak di Jalan Lapangan Tembak Arundina Cibubur," tulis keterangan video, Rabu (24/1/2024).

"Saat itu ada 2 penjaga parkir lalu tibatiba ada seorang pria naik motor untuk minta tolong ke salah satu juru parkir untuk dorong mobil yang mogok, lalu 1 tukang parkir sedang memakirkan mobil yang keluar dan di saat itu lah beberapa rampok langsung beraksi terlihat di video ada 4 orang, 1 bermodus minta bantuan mobil mogok, 2 orang untuk mengawasi, 1 orang lagi untuk eksekusi," tulis keterangan.

Baca juga: Hitung Biaya Servis Motor Sport Retro TVS Ronin

Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana mengatakan, pada dasarnya tidak ada jurus pasti untuk menghindari modus kejahatan pecah kaca mobil.

Serpihan kaca jendela mobil yang dipecahkan pelaku pencurian di salah satu kafe di Kota Makassar, Sulsel, Selasa (2/2/2024) akibatnya pelaku berhasil menggasak laptop dan ponsel milik korbanKompas.com/Darsil Yahya M Serpihan kaca jendela mobil yang dipecahkan pelaku pencurian di salah satu kafe di Kota Makassar, Sulsel, Selasa (2/2/2024) akibatnya pelaku berhasil menggasak laptop dan ponsel milik korban

Namun, buat pemilik mobil yang sering parkir di pinggir jalan atau kawasan yang sepi, sebaiknya tidak meninggalkan benda apa pun yang memancing niat orang untuk mencuri.

Pasalnya, pencuri saat ini modus pecah kaca bisa dilakukan dalam hitungan detik. Oleh sebab itu, pemilik mobil wajib mencari tempat parkir yang berdekatan dengan keramaian agar mudah terpantau siapa saja.

Baca juga: Hitung Biaya Servis Motor Sport Retro TVS Ronin

“Jangan taruh barang berharga di dalam kabin. Kalau terpaksa, gunakan kompartemen tertutup seperti glove box, laci, bagasi. Manfaatkan tirai penutup jendela maupun bagasi apabila tersedia,” kata Sony kepada Kompas.com belum lama ini.

Sony menambahkan, apabila memungkinkan, bawalah barang berharga ke mana pun Anda pergi. Selain itu, simpan di kolong jok mobil atau tutup dengan sesuatu agar terlihat samar dari luar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com