Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kalender MXGP 2024, Indonesia Kembali Jadi Tuan Rumah Dua Kali

Kompas.com - 23/01/2024, 09:42 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kalender MXGP 2024 belum lama ini dirilis. Sejauh ini, Indonesia masih ditetapkan sebagai tuan rumah untuk dua seri.

Pada kalender musim ini, ajang balap motocross tingkat dunia tersebut akan menggelar 20 seri. Balapan pertama akan digelar pada 10 Maret 2024 di Argentina dan seri pamungkas digelar pada 29 September 2024 di Italia.

Baca juga: Logo One Heart dan Satu Hati Kini Hadir di WSBK dan MXGP

Sama seperti pada tahun sebelumnya, MXGP Indonesia tahun ini akan digelar di dua tempat, yakni Sumbawa dan Lombok. Sumbawa menjadi seri kesebelas yang digelar pada 30 Juni 2024 dan Lombok menjadi seri keduabelas yang digelar 7 Juli 2024.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by MXGP (@mxgp)

MXGP Sumbawa akan menggunakan Sirkuit Rocket Motor Samota yang berada di wilayah Sumbawa Besar. Sirkuit ini memiliki panjang hingga 1,7 Km. Sedangkan MXGP Lombok, digelar di Sirkuit Selaparang yang panjangnya 1,6 Km.

Banyak pebalap motocross Indonesia yang pernah tampil pada MXGP, mulai dari Delvintor Alfarizi, Diva Ismayana, Nakami Vidi Makarim, Nuzul Ramzidan, Hilman Maksum, Ananda Rigi, hingga Farhan Hendro.

Sirkuit Rocket Motor Samota, Sumbawa.Foto: MXGP Sirkuit Rocket Motor Samota, Sumbawa.

Baca juga: Mengenal Sirkuit Rocket Motor Samota yang Gelar MXGP Indonesia

Untuk diketahui, Indonesia menjadi tuan rumah MXGP sejak 2017. Ajang balap motocross paling bergengsi ini sempat tidak digelar di Indonesia selama dua tahun karena pandemi, yakni pada 2020 dan 2021.

Sirkuiit Selaparang di Lombok yang menjadi tuan rumah MXGPDok. MXGP Sirkuiit Selaparang di Lombok yang menjadi tuan rumah MXGP

Pada 2017, MXGP sempat digelar di Palembang, tepatnya di Sirkuit Pangkal Pinang, Bangka Belitung. Selain itu, MXGP juga sempat digelar di Semarang, Jawa Tengah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com