Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jalan Tol Kartasura-Klaten Ditarget Selesai Juli 2024

Kompas.com - 22/01/2024, 13:01 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menyatakan, bahwa Jalan Tol Yogyakarta-Solo ruas Kartasura-Klaten sudah dapat digunakan secara fungsional sepanjang 22,3 km.

Sedangkan ruas Klaten-Purwomartani sepanjang 3 km dari total 20 km, ditargetkan siap untuk mendukung arus mudik Lebaran tahun 2024.

Secara keseluruhan, ruas Kartosuro-Klaten sepanjang 22,3 km tuntas di Juli 2024, sedangkan ruas Klaten-Purwomartani sepanjang 20 km ditargetkan tuntas di akhir September 2024.

Baca juga: Harga Toyota Innova Bekas, Mobil yang Banyak Dicari

Proyek Tol Kartasura-KlatenDok. Kementerian PUPR Proyek Tol Kartasura-Klaten

Basuki mengatakan, pembangunan jalan tol Yogyakarta-Solo tersebut akan meningkatkan konektivitas antara Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dan Provinsi Jawa Tengah.

“Jalan Tol Yogyakarta-Solo akan terhubung dengan Jalan Tol Yogyakarta-Bawen dan dengan Jalan Tol Semarang-Solo, sehingga akan membentuk segitiga emas pertumbuhan ekonomi pada Kawasan Jogja, Solo, dan Semarang (Joglosemar),” ujar Basuki, dalam keterangan resmi, Senin (22/1/2024).

Konstruksi ruas Kartasura-Klaten ditargetkan selesai 100 persen pada Juli 2024 dan ruas Klaten-Purwomartani sepanjang 20 km tuntas pada akhir Desember 2024.

Baca juga: Intip Harga Honda Jazz Bekas per Januari 2024

Basuki terus mendorong Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) PT Jogja Solo Marga Makmur untuk mempercepat penyelesaian pembangunan Jalan Tol dari Kartosuro arah ke Yogyakarta yang akan menjadi bagian dari Sistem Jaringan Tol Trans Jawa.

Kehadiran tol ini akan mengurangi beban jalan nasional Yogyakarta-Solo yang saat ini kondisinya kerap macet, khususnya menuju destinasi pariwisata sepanjang koridor, seperti Candi Prambanan.

Selain itu juga dapat memangkas waktu tempuh perjalanan dari Yogyakarta ke Solo dan sebaliknya, serta menuju ke Bandara Internasional Yogyakarta di Kulonprogo.

Baca juga: Apakah Benar Oli Mesin yang Kental Lebih Tahan Terhadap Panas?

Tol Solo-Yogyakarta beroperasi fungsional saat libur NataruDok. Jasa Marga Tol Solo-Yogyakarta beroperasi fungsional saat libur Nataru

Untuk diketahui, Jalan Tol Solo-Yogyakarta hingga NYIA Kulonprogo secara keseluruhan memiliki panjang 96,57 km terdiri dari 3 seksi.

Seksi 1 Solo-Klaten-Purwomartani memiliki panjang 42,3 km. Kemudian, Seksi 2 Purwomartani-Monjali-Sleman sejauh 16 km. Dan Seksi 3 Gamping-Kulonprogo sepanjang 38,57 km.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com