Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Video Viral, Kecelakaan Chery Omoda 5 Masih Gres Tabrak Warteg

Kompas.com - 21/01/2024, 08:01 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Belum lama ini, beredar video viral di media sosial yang memperlihatkan Chery Omoda 5 mengalami kecelakaan. Terlihat SUV tersebut kondisinya masih sangat baru.

Video tersebut diunggah oleh akun Instagram @gadingserpong.update, beberapa hari yang lalu. Menariknya, Omoda 5 yang terlibat kecelakaan tersebut masih menggunakan pelat nomor sementara.

Baca juga: Naik Harga, Simak Banderol Chery Omoda 5

"Sore hari ini, Kamis 11 Januari 2024, ada mobil menabrak warteg di Jl Raya Serpong dekat Hotel Starlet Gading Serpong. Tetap selalu berhati-hati GS-ers!" tulis keterangan dalam unggahan tersebut.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Gading Serpong Update 2 (@gadingserpong.update)

Sayangnya, tidak diketahui bagaimana kronologi insiden tersebut. Namun, banyak warganet yang berkomentar bahwa mobil tersebut sedang dibawa konsumen yang melakukan test drive. Sebab, lokasi kejadian diketahui tidak jauh dari diler Chery.

Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana, mengatakan, jika mobil tersebut masih baru, artinya pengemudinya belum seratus persen menguasainya.

Baca juga: Ulasan Lengkap Chery Omoda 5 GT AWD

"Kalau itu dalam kondisi test drive, maka seharusnya dikemudikan secara bertahap melakukan orientasi. Tidak sembarang injak pedal gas tanpa paham instrumen lain dalam mengemudi," ujar Sony, saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Kecelakaan Chery Omoda 5 yang masih sangat baru menabrak warteg di daerah Gading SerpongDok. @gadingserpong.update Kecelakaan Chery Omoda 5 yang masih sangat baru menabrak warteg di daerah Gading Serpong

"Sebab, test drive yang dilakukan oleh konsumen umumnya hanya memfokuskan pada sisi akselerasi saja. Ingat, mobil baru itu mobil yang banyak harus dipelajari dahulu oleh pengemudi, jangan asal-asalan," kata duta merek GT Radial tersebut.

Sony menambahkan, perlu diingat bahwa kondisi lalu lintas di Indonesia sangat semrawut. Tidak dianjurkan melakukan test drive tanpa pendampingan dari ahlinya dan harus melalui jalur yang sudah benar aman.

Test drive Chery Omoda 5 GT AWDKompas.com Test drive Chery Omoda 5 GT AWD

"Saya dan tim sudah sering sekali tugas di test drive pada acara-acara pameran mobil. Kalau dampingi para konsumen, rata-rata pada ngebut dan agresif, dan banyak juga yang asal-asalan. Mungkin karena mereka mengeneralisasi kendaraannya pada umumnya atau menjadi ajang membanding-bandingkan dengan merek lain," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com