Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Video Daihatsu Xenia Kehilangan Ban dan Pelek Saat Parkir

Kompas.com - 12/01/2024, 15:24 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Viral di media sosial video yang memperlihatkan satu unit mobil menjadi korban pencurian ban serep.

Rekaman tersebut diunggah oleh akun Instagram @folkshitt, Jumat (12/1/2024). Dalam video itu, terlihat mobil Daihatsu Xenia yang sudah kehilangan dua ban beserta peleknya.

Pada narasi unggahan tersebut juga dijelaskan bahwa pria yang merupakan pemilik kendaraan tersebut baru memarkir mobil di depan rumahnya selama 30 menit. Namun, saat kembali kedua ban di sebelah kiri sudah hilang dicuri.

Baca juga: Toyota GR Yaris Facelift Meluncur, Ada Pilihan Tranmsisi Otomatis

“Pria heran baru 30 menit parkir mobil depan rumah, dua bannya hilang kena maling,” tulis unggahan tersebut.

On Vehicle Test Manager PT Gajah Tunggal Tbk Zulpata Zainal mengatakan, pemilik mobil sebaiknya berhati-hati saat memarkir kendaraan, apalagi bila pelaku menggunakan alat impact wrench (kunci pas elektrik). Sebab, menurut Zulpata, dengan menggunakan alat tersebut akan sangat mudah untuk melepas ban.

“Ada beberapa hal yang bisa dilakukan pemilik mobil untuk mencegah pencurian ban. Namun, hal itu tidak bisa bekerja 100 persen, hanya sebagai pengulur waktu untuk menyulitkan pencuri. Karena saat ini pencuri lebih canggih, tapi setidaknya ada langkah preventif yang bisa dilakukan pemilik kendaraan,” ucap Zulpata, belum lama ini kepada Kompas.com.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by FOLKSHIT™ (@folkshitt)

Pertama, pemilik mobil bisa mengganti kepala nut dengan bentuk yang tidak lazim. Misalnya bentuk kembang atau kotak dalam. Adapun harga untuk kelapa nut bervariasi. Namun rata-rata penjual membanderol dengan harga Rp 30.000 sampai Rp 100.000.

“Bila ingin lebih aman, bisa juga menggunakan nut yang terkunci. Model ini biasa digunakan untuk ban cadangan yang digantung di belakang mobil. Namun, ketika digunakan memang ada sedikit bunyi dan vibrasi,” kata Zulpata.

Bisa juga dengan mencoba aktifkan lagi alarm guncangan. Jadi ketika mobil terguncang, sirene alarm akan berbunyi. Namun, risikonya mobil menjadi lebih sensitif apalagi kalau sedang parkir di mall yang kondisinya ramai.

Baca juga: Ada Penyesuaian, Harga Mobil Honda Mulai Naik

Selain itu, yang tak kalah penting pemilik kendaraan harus memperhatikan keamanan situasi sekitar saat memilih tempat parkir. Terlebih bila parkir di fasilitas umum. Cari lokasi dianggap berdekatan dengan keramaian atau pos penjaga (satpam).

Jangan mengundang kejahatan dengan meninggalkan kendaraan di tempat sepi, yang memungkinkan pelaku bisa leluasa beraksi dengan membongkar ban mobil.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com