Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Modifikasi Ekstrem, Dua Suzuki Jimny Digabung Jadi Super Lebar

Kompas.com - 17/01/2024, 10:22 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Beragam modifikasi roda empat hadir di ajang Tokyo Auto Salon 2024. Mulai dari ubahan sederhana dengan penambahan bodykit, atau upgrade kaki-kaki, hingga modifikasi ekstrem seperti yang dilakukan oleh Nippon Automotive College (NATS).

NATS selama ini dikenal lantasan menghasilkan konversi kendaraan yang luar biasa, salah satunya adalah NATS Jimny J1 yang dimodifikasi jadi super lebar, layaknya Hummer H1.

Modifikasi ini dibuat dari dua Suzuki Jimny yang disatukan dengan suspensi udara untuk menghilangkan ground clearance. Alhasil, keempat roda amblas, sampai bodi menyentuh tanah.

Dikutip dari Carscoops, Rabu (17/1/2024), NATS menggunakan generasi kedua Suzuki Jimny yang memiliki lebar 1.395 mm. Dimensi tersebut tentu tidak bisa menyamai lebar Hummer H1 yang mencapai 2.197 mm.

Baca juga: Ini yang Bikin Rack Steer Cepat Aus dan Bunyi

Untuk itu, NATS memiliki ide menggabungkan dua mobil Jimny agar mendapatkan dimensi yang sesuai dengan Hummer H1.

Salah satu Suzuki Jimny dipotong menjadi dua, dan yang lainnya digunakan untuk bagian tengah. Hasilnya, tampilan depan mobil ini didominasi dengan grill kotak yang terdiri dari sembilan lubang, dua set lampu di kedua sisinya, serta kaca depan yang terpisah antara sisi kiri dan kanan.

Modifikasi Suzuki Jimny NATSDoc Carscoops Modifikasi Suzuki Jimny NATS

Disebutkan bahwa modifikasi ini memerlukan banyak potongan body untuk profil yang lebih panjang dari SUV. Mobil ini terlihat memiliki empat pintu dan jendela kotak bergaya Hummer.

Di bagian buritan, pintu belakang berengsel samping Jimny dialihfungsikan sebagai pintu gudang, menyediakan akses ke ruang bagasi yang besar. Bagasi ini tampaknya dipenuhi oleh sistem audio multi-speaker yang tidak biasa ditemukan di mobil-mobil pameran Jepang.

Sebagai sentuhan terakhir, NATS menambahkan pengangkut sepeda yang dipasang di atap. Ini tentu mudah diakses oleh pemilik kendaraan mengingat ground clearance yang sudah dipangkas dan hampir menyentuh tanah.

Baca juga: Honda Gold Wing Disulap Jadi Motor Roda 3

Jimny bergaya Hummer garapan NATS ini sudah dilengkapi oleh suspensi udara, dengan satu set pelek aftermarket. Mobil ini juga menggunakan sasis ladder frame Vitara, dipilih karena ukurannya yang lebih besar dibandingkan dengan Jimny.

Untuk sektor jantung pacu, Jimny NATS dibekali mesin V6 2,5 liter dari mobil donor yang memberikan ruang untuk ban lebar di kedua sisinya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com