Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Benar Jarang Spooring Bisa Bikin Rack Steer Mobil Rusak?

Kompas.com - 18/09/2022, 15:42 WIB
Erwin Setiawan,
Stanly Ravel

Tim Redaksi

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Rack steer adalah komponen mobil yang bertugas mengubah gaya putar roda kemudi menjadi gaya dorong ke kanan-kiri untuk mengarahkan laju kendaraan.

Komponen tersebut dijumpai sering rusak, baik itu berupa bunyi oblak, bengkok porosnya, bahkan bocor bagian hidrolisnya.

Dari informasi, kabarnya mobil yang jarang melakukan spooring bisa mengalami kerusakan pada sektor kaki-kaki, apakah rack steer juga termasuk?

Baca juga: Perilaku Mengemudi seperti Ini Bisa Bikin Rack Steer Cepat Aus

Ilustrasi Elektrik Power SteeringGUIDEAUTOWEB.com Ilustrasi Elektrik Power Steering

Pemilik Aha Motor Spesialis Nissan & Datsun Hardi Wibowo mengatakan, mobil yang jarang melakukan spooring cenderung lebih mudah mengalami kerusakan pada rack steer dan komponen pelengkapnya.

“Jika mobil jarang melakukan spooring, kaki-kaki cenderung lebih mudah rusak khususnya pada bagian rack steer, tie rod, ball join, itu karena tanpa spooring yang baik, sudut-sudut roda akan berubah dan itu memicu kerusakan,” ucap Hardi kepada Kompas.com, Sabtu (17/9/2022).

Dia mengatakan ketika sudut-sudut roda berubah, bisa saja membuat laju kendaraan tidak stabil, bisa larinya narik ke kanan atau ke kiri padahal roda kemudi lurus.

Baca juga: Kapan Waktu Tepat Melakukan Spooring dan Balancing?

Empat komponen, Electronic Power Steering (EPS), yaitu 1. EPS control unit. 2. EPS motor and resolver. 3. Reduction gear. 4. Torque sensor.autoserviceprofessional.com Empat komponen, Electronic Power Steering (EPS), yaitu 1. EPS control unit. 2. EPS motor and resolver. 3. Reduction gear. 4. Torque sensor.

“Roda kemudi mungkin lurus tapi laju kendaraan melaju tidak lurus, bisa narik ke kanan dan kiri, itu tentu saja membuat kaki-kaki kerja keras, khususnya rack steer sebagai pengontrol roda depan,” ucap Hardi.

Hardi juga mengatakan, mobil yang jarang melakukan spooring bisa saja bergetar saat sedang melaju, hal itu tentu bisa memicu kerusakan pada rack steer.

“Sudut roda yang tidak benar bisa juga menyebabkan laju kendaraan bergetar, getaran itu akan memicu kerusakan pada rack steer. Sering dijumpai rack steer, tie rod, ball join itu oblak karena muncul celah,” ucap Hardi.

Baca juga: Bolehkah Melakukan Spooring Tanpa Balancing?

Power steering hidraulik.toyotazone.co.za Power steering hidraulik.

Jadi, antara spooring dan kondisi kaki-kaki khususnya rack steer, memiliki ikatan yang sangat dekat karena keduanya saling mempengaruhi kualitas berkendara ada suatu mobil.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com