Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Masalah Steering Tie Rod, Suzuki Recall 2.228 S-Presso di Indonesia

Kompas.com - 29/07/2023, 07:22 WIB
Stanly Ravel

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Setelah India, akhirnya PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) mengumumkan recall untuk S-Presso yang dikemas dalam program product quality control.

Unit S-Presso yang terkena imbas komponen steering tie rod merupakan produksi Juli 2022 hingga Maret 2023. Sementara untuk jumlahnya di Indonesia mencapai 2.228 unit.

Steering tie road merupakan komponen yang memiliki fungsi sebagai penghubung sistem kemudi dengan roda. Dengan demikian, keseimbangan roda saat melaju dapat terjaga, stabil, dan membantu mereduksi getaran pada suspensi.

Baca juga: Suzuki S-Presso Terkena Recall di India, Indonesia Belum Aman

Hariadi, Service Asst. to Dept. Head PT SIS mengatakan, sebagi bentuk tanggung jawab berkelanjutan dan untuk mencapai kepuasan konsumen, Suzuki mengundang pemilik S-Presso untuk datang ke bengkel resmi.

Suzuki S-Presso dan Ignis di IIMS 2023KOMPAS.com/STANLY RAVEL Suzuki S-Presso dan Ignis di IIMS 2023

"Secara global, Suzuki telah mengumumkan perlunya melakukan pemeliharaan kualitas komponen pada S-Presso untuk menjaga keamanan dan keselamatan. S-Presso yang dipasarkan di Indonesia juga merupakan bagian dari produk global tersebut, sehingga Suzuki di Indonesia juga perlu ikut peran serta dalam product quality update yang sedang dijalankan," ucap Hariadi dalam keterangan resminya, Jumat (28/7/2023).

Hariadi menjelaskan, saat ini Suzuki Indonesia sedang melakukan pengadaan komponen steering tie rod baru yang akan dipakai untuk penggantian pada unit pelanggan.

Setelah tersedia, diler resmi Suzuki akan menghubungi dan mengundang 2.228 pelanggan S-Presso ke bengkel secara bertahap guna melakukan pengecekan kendaraan dan melakukan penggantian komponen.

Baca juga: Avanza-Xenia Lawas Masih Banyak Dicari, Stok di Jakarta Menipis

Suzuki S-PressoKOMPAS.com/Sendy Darlis Suzuki S-Presso

"Perlu kami sampaikan, pelanggan setia Suzuki tidak perlu khawatir, setelah komponen sampai, Bengkel Resmi Suzuki siap untuk segera melakukan pemeriksaan dan penanganan bagi unit milik pelanggan agar dapat digunakan dengan rasa yang lebih aman," kata Hariadi.

Lebih lanjut Hariadi juga mengatakan, unit yang masih berada di diler dan jadi stok, akan diperiksa dan dilakukan penggantian sebelum dikirim ke pelanggan. Sementara untuk yang diproduksi dari April 2023 dan setelahnya, dipastikan sudah mendapatkan pembaharuan.

Terkait soal pelayanan purnajual, Suzuki saat ini memilki 206 bengkel siaga yang tersebar di 33 provinsi di Indonesia.

Baca juga: Ketahui Ciri-ciri Fisik Mobil Bekas Tabrakan

Pelanggan S-Presso yang masuk dalam program recall akan diperiksa pada bagian yang mengalami masalah, sementara untuk penggantian komponen diklaim hanya memakan waktu 0.9 jam tanpa dipungut biaya apapun alias gratis.

Suzuki S-PressoKOMPAS.com/Adityo Wisnu Suzuki S-Presso

"Apabila ditemukan potensi masalah dalam sistem kendaraan, maka Suzuki akan melakukan penggantian secara gratis kepada pelanggan setia kami," ujar Hariadi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com