Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Musim Hujan, Trik Murah Bikin Sarung Tangan Motor Anti Air

Kompas.com - 15/01/2024, 08:42 WIB
Gilang Satria,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Musim hujan sudah tiba meski intensitasnya belum merata. Buat pengendara sepeda motor penggunaan riding gear yang tepat mesti lebih diperhatikan.

Salah satu masalah pada pengendara motor di musim hujan ialah penggunaan sarung tangan. Sarung tangan dipakai saat cuaca terik, tapi kemudian dilepas saat kondisi hujan karena basah dan licin.

Baca juga: Ini yang Bikin Mobil Listrik Kuat Nanjak dan Aman Melibas Turunan

Sarung tangan basah memang tidak nyaman dipakai saat hujan, tapi di satu sisi sarung tangan mesti dipakai saat berkendara karena berkaitan dengan keselamatan alias safety riding.

Sarung tangan Hevik by Givi di IMOS 2023KOMPAS.com/FATHAN Sarung tangan Hevik by Givi di IMOS 2023

Founder Jakarta Defensive Driving Consulting Jusri Pulubuhu menjelaskan, keselamatan adalah gaya hidup karena itu konsepnya ialah selalu lakukan apapun yang dapat mengurangi risiko cedera saat kecelakaan.

"Kalau kita memperdulikan keselamatan, maka gunakan riding gear yang spesifik untuk musim hujan. Misalnya sarung tangan yang dipakai untuk kondisi hujan," kata Jusri kepada Kompas.com, Minggu (14/1/1024).

Jusri mengatakan, sarung tangan khusus hujan yang dijual di pasaran tidak ada yang waterproof tapi water resistant.

Bedanya waterproof, kata Jusri,  adalah anti air artinya bahannya tidak bisa menyerap air. Sedangkan water resistant tahan air, tapi dalam kondisi tertentu ada jangka waktu tertentu bisa menyerap air.

Sarung Tangan Kulit PT Sport Glove Indonesia (SGI)Nur Wahyu Pratama Sarung Tangan Kulit PT Sport Glove Indonesia (SGI)

Masalahnya, sarung tangan khusus untuk hujan harganya mahal. Untuk itu kata Jusri, bisa lakukan trik sederhana yang tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam.

Baca juga: Pemilik Mobil Matik, Jangan Buru-buru Saat Mau Berangkat Pagi

"Kalau beli sarung tangan khusus anti hujan itu mahal, bisa beli cairan water repellent yang disemportkan ke bahan termasuk ke sarung tangan atau jeans," ujar Jusri.

"Water repellent bentuknya cairan disemprotkan. Bahan yang disemprotkan jadi air seperti daun talas. Harganya beragam dan lebih murah ketimbang sarung tangan khusus hujan," kata Jusri.

Penelurusan Kompas.com di situs jual beli online ada berbagai merek water repellent yang tersedia di pasar. Harganya bervariasi mulai dari Rp 25.000 sampai Rp 275.000 terggantung merek dan kemasan. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com