Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alami Aquaplaning, Honda Brio Melintir di Jalan Tol

Kompas.com - 14/01/2024, 18:51 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Video viral di media sosial seorang polisi membantu mobil Honda Brio yang terperosok di semak di pinggir jalan tol Padalarang-Cileunyi, Bandung.

Dalam video yang diunggah akun Instagram Hilmyalx, terlihat mobil Brio warna merah tersebut berada jauh di dalam semak.

Baca juga: Mitsubishi Canter Jadi Penguasa Bukittinggi

Polisi di dalam video kemudian menunjuk salah satu ruas jalan yang memang terlihat ada genangan air. Meski dalam video tidak bisa dipastikan ketinggian air.

 

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by hilmyalx (@hilmyalx)

"Tadi si om ini lambaikan tangan kaget kasihan kaget kirain ada apa. Ternyata mobilnya di sini. Tadi bilangnya sih gara-gara itu di situ. Genangan ngerem aquaplaning," kata polisi tersebut dikutip Kompas.com, Minggu (14/1/2024).

"Dugaan awal ya aquaplaning karena pengakuannya tadi begitu ngerem mobil maju. Hati-hati di jalan tol berkendara. Hati-hati," ujar sang polisi.

Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana mengatakan, ketika mengalami aquaplaning ada dua yang tidak boleh dilakukan, pertama banting setir dan kedua mengerem keras.

Baca juga: Video Terpal Terbang sampai Tutupi Kaca Mobil

“Saat aquaplaning terjadi pedal gas, rem dan kopling. Jangan dilawan tapi diikuti saja, sambil tahan posisi setir. Ketika dapat traksi koreksi sedikit demi sedikit,” ucap Sony kepada Kompas.com belum lama ini.

Hujan deras selama arus balik lebaran 2023, wasbadai bahaya aquaplaning di jalan tolFlickr/MichaelC Hujan deras selama arus balik lebaran 2023, wasbadai bahaya aquaplaning di jalan tol

Baca juga: Pemilik Mobil Matik, Jangan Buru-buru Saat Mau Berangkat Pagi

Kedua, alasan pengemudi jangan langsung injak rem atau deselerasi mendadak, sebab jika salah satu ban selip bisa mengakibatkan mobil melintir.

“Mobil cenderung melintir karena selip. Bisa lebih parah jika tekanan udara ban beda, kurang, kembangan sudah habis, dan suspensi tidak prima,” ucap Sony.

Cara paling benar ketika mengalami aquaplaning adalah dengan menahan setir tetap lurus dan jangan injak pedal rem. Kemudian jika melihat ada genangan turunkan kecepatan.

“Turunkan kecepatan saat hujan, kira-kira 10 kpj dari kondisi kering. Semakin deras hujan, semakin dikurangi kecepatannya,” ucap Sony.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com