Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mitsubishi Canter Jadi Penguasa Bukittinggi

Kompas.com - 14/01/2024, 18:01 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

BUKITTINGGI, KOMPAS.com - Bukittinggi, Sumatera Barat saat ini menjadi salah satu area yang berkontribusi pada penjualan kendaraan niaga

Tri Setyo Hadi, Branch Manager PT DIPO mengatakan, di Sumatera Barat sendiri mayoritas permintaan kendaraan niaga datang dari segmen pasar fleet.

Sementara itu, dari permintaan tersebut, segmen Light Duty Truck (LDT) atau truk niaga ringan masih dikuasai oleh Mitsubishi Fuso Canter

Baca juga: Mitos atau Fakta, Baterai Mobil Listrik Rusak Harus Ganti Satu Gelondong?

"Mitsubishi Canter itu kurang lebih 80,2 persen menguasai Bukittinggi. Lalu di bawahnya ada Isuzu yang menguasai market share sekitar 15 persen. Sisanya, di bawah Isuzu ada Hino. Jadi kelas LDT nya paling bagus Mitsubishi di Bukittinggi," kata Tri kepada Kompas.com, Kamis (11/1/2024).

Tri juga mengatakan, untuk pasar medium duty truck (MDT) di Bukittinggi memang sedikit tertinggal dengan kompetitor yang ada di Bukittinggi.

Truk Mitsubishi FusoKTB Truk Mitsubishi Fuso

Namun, tapi dengan adanya perkembangan teknologi Euro 5, maka market share truk segmen MDT  juga ikut naik yang tadinya 17 persen menjadi 23 persen.  Sehingga Tri optimistis di kelas MDT akan mulai mengambil pasar.

Baca juga: Kenapa Volume Oli Mesin pada Mobil Bisa Bertambah Sendiri?

"Strategi kami untuk mensukseskan penjualan LDT dan MDT tentunya dengan menyiapkan prodak yang memang benar-benar sesuai dengan kebutuhan konsumen. Seperti yang kita tahu, konsumen itu berasal dari beberapa profesi yang berbeda, dan itu yang tentunya menjadi pertimbangan kita dalam mneyipakan prodak sesuai dengan kebutuhan konsumen," kata Tri. 

Kemudian, Tri  juga mengatakan pihaknya akan menyiapkan prodak-prodak aftersales pelayanan servis kepada pemilik  produk Fuso. Mulai dari pelayanan servis dan juga menjamin ketersediaan sparepart untuk perbaikan kendaraan. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com