Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toyota Fortuner Diduga Tabrak Belakang Truk di Tol Jagorawi, 2 Korban Tewas

Kompas.com - 14/01/2024, 16:56 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kecelakaan maut baru saja terjadi di ruas Tol Jagorawi Km 36.
Insiden tersebut melibatkan mobil SUV Toyota Fortuner berwarna hitam yang melaju dari arah Jakarta menuju Bogor, pada Minggu (14/1/2024).

Diduga kecelakaan tersebut terjadi lantaran Toyota Fortuner menabrak bagian belakang truk yang melaju di depannya. Akibat kejadian tersebut, dua penumpang Fortuner meninggal dunia di lokasi kejadian.

Guna mengantisipasi kejadian tersebut, ada baiknya pengemudi selalu memperhatikan jarak aman saat berkendara di jalan tol, terutama saat bertemu kendaraan besar seperti bus atau truk.

Baca juga: Trik Cegah Kaca Helm Berembun Saat Hujan

Training Director The Real Driving Centre (RDC) Marcell Kurniawan menambahkan, ada beberapa keuntungan saat menjaga jarak aman ketika mengemudi.

“Pertama kita akan memiliki jarak reaksi dan jarak berhenti yang cukup. Sehingga, pengemudi bisa berhenti tepat waktu dan jarak. Dengan jarak yang tepat, pengemudi tidak akan menabrak mobil di depannya,” ucap Marcell, belum lama ini kepada Kompas.com.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Bogor Daily (@bogordailynews)

Selain mencegah menabrak kendaraan yang ada di depan, menjaga jarak aman juga bisa menghindari kita dari peristiwa tabrak belakang. Pasalnya, dengan menjaga jarak aman, ketika mobil di depan melakukan pengereman, kita bisa lebih halus mengeremnya.

“Jadi kalau ada orang yang tidak menjaga jarak aman di belakang kita, dia tidak akan kaget jika kita melakukan pengereman secara halus,” kata Marcell.

Tak hanya itu, saat mengendarai kendaraan, pengemudi dituntut untuk fokus dan mengerti kondisi jalan agar selamat sampai tujuan.

Baca juga: Ini Bedanya Wuling Binguo EV AC dan DC

Untuk bisa fokus, pengemudi harus dalam keadaan sehat, tidak sedang mengantuk atau di bawah pengaruh obat-obatan.

Selain itu, pengemudi juga harus mengesampingkan hal-hal yang bisa mengganggu konsentrasi berkendara. Seperti mengantuk, main handphone, atau bercanda bersama penumpang yang bisa mengganggu konsentrasi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com