Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

VinFast Tidak Hanya Jualan Mobil Listrik di Indonesia

Kompas.com - 13/01/2024, 16:02 WIB
Ruly Kurniawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Perusahaan otomotif raksasa asal Vietnam, VinFast memiliki komitmen besar terhadap Indonesia untuk mendorong percepatan ekosistem kendaraan listrik (electric vehicle/EV) sebagai alat transportasi.

Artinya, perusahaan tidak hanya akan menjual dan/atau memproduksi mobil listrik saja, tapi juga kendaraan bermotor ramah lingkungan dalam cakupan lebih besar.

"Vingroup memiliki lini bisnis yang luas, ada sepeda motor listrik, taksi listrik, sampai properti. Perusahaan rencananya akan membentuk grup ini di Tanah Air, jadi tidak hanya berhenti di mobil listrik," kata Direktur Penjualan dan Jaringan VinFast Indonesia Surachman Nugroho saat ditemui Kompas.com di Jakarta, Jumat (12/1/2024).

Baca juga: VinFast Pastikan Indonesia Jadi Basis Produksi Setir Kanan

Pabrik mobil VinFast di Hai Phong, Vietnam.DPA/MAXPPP via DW INDONESIA Pabrik mobil VinFast di Hai Phong, Vietnam.

Hal tersebut kemudian diperkuat oleh pernyataan Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita saat melakukan kunjungan kerja ke Hanoi, Vietnam menemani Presiden RI Joko Widodo bersama Kementerian lainnya.

Ia menyatakan VinFast juga akan ikut mendorong penggunaan kendaraan listrik di Ibu Kota Nusantara (IKN) dengan memasok bus listrik.

"VinFast juga berminat untuk membuat bus listrik, bahkan mereka juga ingin berinvestasi di IKN," kata Agus.

Perusahaan juga akan berkolaborasi dengan perusahaan dalam negeri untuk proses produksi, serta bermita dengan perusahaan transportasi dan penyedia jasa teknologi untuk ekspasi taksi listrik.

Atas hal tersebut, Kemenperin mengapresiasi VinFast yang karena turut mendukung pengembangan ekosistem kendaraan listrik di Indonesia.

Baca juga: Komentar Jokowi Soal Investasi Rp 18,7 Triliun VinFast di Indonesia

Merek kendaraan listrik asal Vietnam, VinFast, berencana melebarkan sayap masuk ke pasar Amerika Serikat.Foto: VinFast Merek kendaraan listrik asal Vietnam, VinFast, berencana melebarkan sayap masuk ke pasar Amerika Serikat.

"VinFast sedang mengidentifikasi lokasi yang cocok untuk mendirikan pabrik di Indonesia. Kebutuhan lahannya sekitar 240 hektar," ucap Agus.

Untuk diketahui, VinFast adalah satu cabang usaha yang didirikan di bawah bendera Vingroup, perusahaan milik konglomerat Pham Nhat Vuong pada 2017.

Kehadiran VinFast melengkapi jajaran gurita bisnis dari Vingroup yang telah menjalar ke sektor properti, supermarket, pasar modern, taman bermain, resort, rumah sakit, sekolah, sampai, jaringan internet, farmasi, dan mainan anak.

Pada awalnya, perusahaan menjual dan memproduksi sepeda motor ramah lingkungan. Kemudian dengan berkerjasama desainer dan teknisi dari Eropa, terciptalah mobil listrik yang lebih relefan pada perkembangan saat ini.

Debut mobil listrik VinFast dilakukan di Paris Auto Show 2018. Dengannya, Vietnam membuktikan kepada dunia bahwa mampu memproduksi mobil kelas dunia melalui sedan LUX A2.0 dan SUV LUX SA2.0.

Baca juga: Lebih Mahal, Motor Dilengkapi Rem ABS Punya Banyak Kelebihan

VinFast VFe34 Foto: VinFast VinFast VFe34

Di balik kulit sedan mewah ini tersembunyi struktur rangka dari BMW Seri-5 berkode bodi F10. Mesin BMW N20 turbo yang penuh tenaga tersembunyi di balik kap mesinnya yang panjang.

Tak berhenti sampai di situ, VinFast juga menjalar ke pasar kendaraan niaga. Mereka menjalin kerjasama dengan Siemens untuk menyuplai teknologi dan komponen dalam pembuatan bus bertenaga listrik yang dijual ke pasar Asia Tenggara.

Singkat cerita, dalam upaya penetrasi Vingroup yang membawa nama Vietnam untuk ikut berkontribusi di dunia melalui pengurangan emisi, penetrasi pasar oleh VinFast digencarkan tahun ini. Salah satu sasarannya, ialah Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com