Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bolehkah Cairan Wiper Diisi Air Biasa?

Kompas.com - 13/01/2024, 14:02 WIB
Selma Aulia,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketika musim hujan, wiper memiliki peran penting dalam menjaga visibilitas karena berfungsi untuk membersihkan air hujan atau kotoran pada kaca depan mobil.

Namun, di balik kinerja wiper terdapat tabung reservoir washer yang berguna untuk menyimpan cairan khusus wiper di mana mengandung formula khusus pembersih kaca.

Baca juga: Batas Kesempatan Mengulang Ujian Pembuatan SIM

Lantas, jika cairan pada tabung reservoir washer habis, apakah boleh diisi dengan air biasa?

Tidak semua cairan bisa dijadikan wiper fluid mobilYenniferJohn/Flickr Tidak semua cairan bisa dijadikan wiper fluid mobil

Dealer Technical Support Dept. Head PT TAM Didi Ahadi mengatakan, air biasa tidak bisa menggantikan peran cairan wiper.

“Ada cairan khusus yang mengandung chemical yang berperan untuk membersihkan kaca lebih baik dari pada air biasa,” ucap Didi kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Walaupun memiliki kesamaan berbentuk cairan, air biasa tidak bisa membersihkan kaca dengan maksimal sebab tidak memiliki kandungan pembersih khusus.

Baca juga: Ban Motor Aus Sebelah Bisa Jadi Pertanda Komponen Lain Rusak

Ilustrasi Cairan Wiper Fluid Ilustrasi Cairan Wiper Fluid Ilustrasi Cairan Wiper Fluid

Jika menggunakan air biasa ditakutkan kotoran atau noda tetap menempel, dan sapuan wiper tidak akan bekerja dengan baik.

Maka dari itu, Didi menyarankan supaya pemilik mobil menggunakan cairan khusus wiper ketika air wiper habis.

Cairan wiper yang mengandung bahan kimia lubricant banyak ditemukan di pasaran, dengan harga yang beragam. Kandungan tersebut juga lebih baik untuk menjaga kaca mobil dibanding air biasa.

“Cairan wiper mengandung lubricant untuk menghindari baret di kaca akibat kotoran yang menempel pada karet wiper,” ucap Didi.

Baca juga: Lebih Mahal, Motor Dilengkapi Rem ABS Punya Banyak Kelebihan

Air wiper digunakan untuk membasuh permukaan kaca sehingga mudah dibersihkan karet wiper.Foto: Peugeot Air wiper digunakan untuk membasuh permukaan kaca sehingga mudah dibersihkan karet wiper.

Akan tetapi, jika dalam perjalanan jauh dan tidak ada cairan wiper, boleh saja menggunakan air biasa namun dengan catatan tidak boleh dicampur sampo atau sabun.

Executive Coordinator Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Bambang Supriyadi mengatakan, ketika kondisi darurat boleh saja menggunakan air biasa.

“Kalau memang tidak ada cairan pembersih khusus wiper, sebaiknya air biasa saja,” ucap Bambang kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Menurutnya, air biasa lebih baik dibanding cairan alternatif. Ini digunakan untuk menghindari kaca terbaret atau karet wiper menjadi keras.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com