Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toyota GR Yaris Facelift Meluncur, Ada Pilihan Transmisi Otomatis

Kompas.com - 12/01/2024, 13:36 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Toyota baru saja menampilkan GR Yaris facelift di Tokyo Auto Salon 2024. Hot Hatch Toyota itu kini dibekali pilihan transmisi otomatis, serta pembaruan pada sisi eksterior dan interior.

Seperti diketahui, awalnya GR Yaris hanya tersedia dengan pilihan transmisi manual enam percepatan. Namun, untuk memperluas daya tarik mobil kepada konsumen serta meningkatkan penjualan, kini GR Yaris hadir dalam transmisi otomatis delapan percepatan.

Dikutip dari Carscoops, Jumat (12/1/2024), dalam hal ini Toyota tidak memilih sistem kopling ganda, tetapi mengembangkan unit kopling tunggal baru yang dinamakan Direct Automatic Transmission.

Baca juga: Jadwal Peluncuran Motor Baru VR46 Racing Team

Diketahui transmisi otomatis menambah bobot 18 kg pada GR Yaris, tetapi hal itu diklaim dapat membuat mobil lebih cepat melesat.

GR Yaris faceliftDoc Carscoops GR Yaris facelift

Toyota juga mengungkapkan bahwa serangkaian modifikasi telah dilakukan pada mesin 1.6 liter turbocharged tiga silinder GR Yaris.

Produsen mobil ini telah meningkatkan tekanan injeksi langsung, memasang sensor tekanan udara masuk yang baru, memasang piston ringan yang baru, serta menambahkan sensor tekanan udara masuk yang berbeda.

GR Yaris saat ini bisa menghasilkan tenaga 300 tk pada 6.500 rpm dan torsi 400 Nm pada 3.250 dan 4.600 rpm, peningkatan yang signifikan jika dibandingkan model standar yang hanya menghasilkan tenaga 268 hp dan torsi 370 Nm.

Para desainer Toyota juga sedikit mengubah desain GR Yaris. Ubahannya dimulai dari bagian depan, di mana terdapat bumper baru dengan intake udara yang khas, sementara di bagian belakang terdapat lampu LED yang dibuat menyatu.

GR Yaris faceliftDoc Carscoops GR Yaris facelift

Sementara di bagian interior memperlihatkan desain panel dasbor yang baru, dengan kluster instrumen digital 12,3 inci yang sama seperti GR Corolla.

Tampilan head unit juga didesain ulang, lebih miring 15 derajat ke arah pengemudi. Toyota menyebutkan bahwa desain ini terinspirasi dari reli.

Baca juga: 3 Faktor yang Sebabkan Aquaplaning tapi Kerap Disepelekan

Selain itu, lampu hazard dan tombol start stop telah dipindahkan agar dapat dijangkau oleh pengemudi mengenakan sabuk pengaman. Kursi pengendara juga dibuat lebih rendah 25 mm (1 inci) dari sebelumnya.

Toyota belum mengumumkan harga jual dari GR Yaris Facelift ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com